PEKANBARU - Kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Provinsi Riau hari ini, Kamis (30/1/2020) resmi dikukuhkan langsung oleh Sekjend DPP IPK Pusat, H Arfan Masun SH.

Diharapkan kedepannya, IPK DPD Riau dapat bersinergi membangun negeri dan menciptakan suasana aman dan tentram di bumi Lancang Kuning.

Pantauan GoRiau di lapangan, tampak pengukuhan DPD IPK Riau dihadiri langsung oleh Gubernur Riau, Ketua LAM Riau serta pejabat daerah lainnya. Selain para petinggi daerah, juga tampak ribuan anggota IPK Provinsi Riau turut memeriahkan pengukuhan pengurus DPD IPK Riau yang baru.

Ketua DPD IPK Riau, Kasten Harianja usai pelantikan menyatakan bahwa DPD IPK Riau selaku organisasi masyarakat yang peduli dengan kemajuan masyarakat dan pemerintah daerah, siap bersinergi dengan pemerintah. Salah satunya adalah ikut berpartisipasi dalam menjaga kondisi bumi lancang kuning agar selalu aman dan kondusif, termasuk dalam hal menanggulangi bencana asap yang kerap kali terjadi di Riau karena Karhutla.

"Ada beberapa hal yang menjadi agenda kerja yang akan di rumuskan setelah pelantikan ini, salah satunya yang cukup penting adalah akan menggesa membentuk satuan tugas (Satgas) Karhutla di seluruh kabupaten di Riau. Tugasnya adalah bersama pemerintah melakukan pencegahan dan penanganan kebakaran lahan dan hutan di Riau," terang Kasten Harianja, Kamis (30/1/2020).

Selain itu salah satu yang menjadi program kerja utama DPD IPK Riau ialah berjalan bersama Pemerintah Provinsi Riau dalam membangun Riau menjadi provinsi yang lebih maju dan bermarwah.

"IPK adalah organisasi pemuda yang berkarya. Disinilah wadah bagi para pemuda untuk berkarya, terutama ikut serta bersama pemerintah dalam membangun Riau," tegas Kasten Harianja.

Mendengar tekat DPD IPK Riau itu, Gubernur Riau, Syamsuar, memberikan respon positif dengan menyampaikan dukungan kepada pengurus DPD IPK Riau dalam melaksanakan program kerja yang akan membawa Riau ke arah yang lebih baik kedapan dengan partisipasi para pemuda Riau melalui DPD IPK Riau.

"Saya memberikan dukungan penuh terhadap tekat DPD IPK Riau ini, dan berharap seluruh jajaran IPK Riau bersama sama dengan semua pihak untuk dapat menjaga kondisi Riau agar tetap kondusif sebagai salah satu upaya membangun Riau," kata Syamsuar.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekjend DPP IPK Pusat, H Arfan Masun SH, bahwa DPP IPK mendukung rencana kerja DPD IPK Riau untuk bersinergi dengan pemerintah provinsi Riau dalam rangka mambangun Riau ke depan. Selain itu, DPP IPK juga mendukung langkah IPK Riau untuk membentuk satgas Karhutla di seluruh kabupaten di Riau.

"Selama ini kebakaran hutan dan lahan di Riau terjadi dan meresahkan masyarakat secara luas, kondisi itu membuat pembangunan di Riau menjadi tidak kondusif. Dalam hal ini IPK akan hadir untuk membantu pencegahan dan penanganan Karhutla bersama pemerintah. Beberapa hal yang terganggu akan keberadaan kabut asap di Riau adalah pembangunan ekonomi dan wisata," tandas Arfan. ***