BANDUNG - Memang belum seluruh pemain Persib Bandung menjalani tes virus corona atau Covid 19 karena keterbatasan alat dan laboratorium. Namun, beberapa penggawa Persib Bandung sudah menjalaninya di Graha Persib Jln. Sulanjana Bandung, Jawa Barat, Senin (16/3/2020).

Tes dilakukan dengan cara swab atau pengambilan sampel lendir saluran pernapasan kepada 10 pemain Persib --yang tidak mau disebutkan namanya-- satu staf kepelatihan, dan satu staf ofisial. Tes tersebut adalah langkah preventif tim medis Persib selagi gencar-gencarnya pemerintah memerangi virus covid-19 di Indonesia.

"Ini adalah dalam rangka untuk memutus penyebaran virus Corona, karena memang penyebarannya begitu cepat. Tim Persib berinisiatif melakukan pemeriksaan Corona apakah terpapar oleh virus atau tidak, karena saya lakukan ini setelah ada pemain bola yang kita kenal menerapkan pola hidup sehat, daya tahan tubuhnya baik, tapi tetap terpapar," tutur dokter tim Rafi Ghani. 

Tim medis Persib juga ingin memastikan pemain-pemainnya aman dari Corona setelah menjalani laga pekan ketiga Kompetisi Sepakbola Liga 1 2020 melawan PSS Sleman, Minggu (15/3/2020) kemarin. Laga tersebut tidak bisa dihindarkan dari kerumunan banyak orang meski Panpel sudah melakukan langkah pencegahan di stadion.

"Pemain lainnya kita akan lakukan secara bertahap mudah-mudahan Corona ini kita sadari semua supaya si rantai penularannya terputus jadi jangan ada lagi orang yang kena," kata dokter.

Operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2, PT Liga Indonesia Baru (LIB) diketahui menghentikan sementara waktu perhelatan pertandingan terjadwal mulai Senin (16/3) hingga waktu yang belum ditentukan sembari menanti perkembangan terkini terkait virus Corona. ***