YOGYAKARTA - Untuk menambah jumlah pelatih berlisensi A AFC PSSI menggelar kursus pelatih A AFC di Yogyakarta, 22 Juli hingga 3 Agustus 2019. Kursus ini diikuti oleh 23 pelatih dan diinstrukturi oleh Bader Ahmad dan Emral Abus.

Kursus ini juga sebagai salah satu program PSSI demi peningkatakan pelatih yang berkualitas demi mencetak pesepakbola yang handal. Dari 23 pelatih tersebut beberapa nama adalah mantan pemain Timnas Indonesia seperti Muhammad Ridwan, Budi Sudarsono, Firman Utina, Imran Nahumarury dan kawan-kawan.

“Secara keseluruhan, para peserta kursus ini tidak terlalu banyak mengalami kesulitan. Sebabnya, beberapa dari mereka sudah berkecimpung di klub atau bahkan tim nasional dan juga kalau diibaratkan sekolah, mereka sudah naik tingkat dari pemegang lisensi C AFC, B AFC dan sekarang A AFC," kata Emral Abus.

"Para peserta sangat bersemangat dan mampu menjalankan kursus dengan baik dari semua materi yang kami berikan. Semoga ilmu yang didapat dari kursus A AFC ini dapat membantu pengembangan sepak bola Indonesia,” tambahnya.

Salah satu peserta kursus Imran Nahumarury mengungkapkan bahwa dirinya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada PSSI atas kesempatan yang diberikan kepada dirinya dan seluruh pelatih yang ikut kursus A AFC ini.

“Materi yang diberikan teori dan praktek yang diajarkan dari pagi hingga sore setiap harinya. Hal ini sangat membantu dan menambah ilmu kepelatihan saya dan teman-teman pelatih disini. Yang paling penting adalah mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya,” kata Imran.

Sementara, Direktur Teknik PSSI, Danurwindo mengharapkan agar kursus-kursus yang diselenggarakan oleh federasi dapat terus menambah jumlah pelatih lokal yang berlisensi B AFC yang tentunya berkualitas.

Daftar peserta kursus pelatih A AFC, Yogyakarta, 22 Juli-3 Agustus 2019

1. Firman Utina, Kalteng Putra 2. Soegiyantoro, Persebaya 3. Didik Ludianto, Persela4. Imran Amirullah, PSM5. Widyantoro, PSIS6. Muhammad Ridwan, PSIS7. Delfiadri, Semen Padang8. Blitz Tarigan, Persija9. Agus Sugeng, Bhayangkara FC10. I Wayan Arsana, Bali United11. Suwandi HS, PSS 12. Syamsudin Batola, PSM13. Imran Nahumarury, Bhayangkara FC14. Yogie Nugraha, Bali United15. Gaselly Jun, PS Tira Persikabo16. Lilik Suheri, Madura FC17. Yusuf Bachtiar, Blitar Bandung United18. Selamet Riadi, PSBS Biak19. Bonggo Pribadi, PSBK Blitar20. Encang Ibrahim, ASAD 313 Purwakarta21. Alex Aldha, Pra PON Sumbar22. Jarot Supriyadi, Mantan Pelatih Kiper Timnas23. Budi Sudarsono, Mantan Pemain Timnas. ***