SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, melakukan penyerahan secara simbolis zakat, infaq dan shodaqoh melalui Program Meranti Konsumtif, Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH melakukan penyerahan secara simbolis zakat, infaq dan shodaqoh, bertempat di Kantor Baznas Kepulauan Meranti, Komplek Masjid Agung Darul Ulum, Jumat (9/4/2021).

Turut hadir bersama Bupati, Sekdakab Meranti, Dr H Kamsol MM, Kakan Kemenag Meranti, H Agustiar, Plt Asisten III Setdakab Meranti, Sudandri, Kadis Sosial Meranti, Agusyanto, Plt Kabag Kesra, Alfian, Ketua Baznas Kepulauan Meranti, Sunarto SAg, didampingi H Karim, H Mustafa, Camat Tebingtinggi Hery Kurniawan dan lainnya.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati H Muhammad Adil kepada warga kurang mampu penerima manfaat, didampingi Sekda, Ketua Baznas dan forkopimda yang hadir.

Seperti dijelaskan Ketua Baznas Meranti, Sunarto, kegiatan ini merupakan program Baznas Meranti yang sudah terprogram mulai dari tingkat pusat sampai daerah, yakni pemberian Zakat, Infaq dan Shodaqoh kepada masyarakat kurang mampu penerima manfaat se-Kabupaten Meranti.

Seperti tahun sebelumnya Baznas Meranti memberikan bantuan kepada masyarakat penerima manfaat di tiap kecamatan berupa sembako dan uang tunai. Untuk tahun ini jumlah paket yang diserahkan sebanyak 1290 paket.

"Bantuan yang diserahkan kali ini sebanyak 1290 Paket Sembako untuk masyarakat kurang mampu yang ada di seluruh Kecamatan," jelas Sunarto.

Diakui Ketua Baznas Sunarto, bantuan tahun ini sedikit menurun dari tahun sebelumnya dikarenakan imbas dari Pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan ekonomi masyarakat, namun begitu Baznas Meranti telah berhasil menghimpun dana sebesar 1,7 Miliar untuk disalurkan keberbagai kegiatan sosial seperti yang saat ini dilakukan.

Selanjutnya dikatakan Sunarto, Baznas Meranti bukan saja menyalurkan dana dalam bentuk bantuan sosial tapi juga untuk kegiatan yang bersifat produktif untuk mendukung pemerintah daerah dalam upaya menekan angka kemiskinan.

Salah satunya adalah pemberian bantuan sapi kepada masyarakat peternak, yang diakui Sunarto telah berhasil menekan angka kemiskinan di Meranti sebesar 1 persen/tahun.

"Ini dilakukan Baznas untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya mengentaskan angka kemiskinan," ucapnya.

Selain itu Baznas Meranti menegaskan siap bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mensukseskan Visi Misi Bupati, menuju Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat.

Menyikapi kegiatan ini, Bupati Kepulauan Meranti, Adil, mengucapkan apresiasi kepada Baznas Meranti, yang melalui programnya telah mambantu pemerintah daerah dalam menyantuni warga kurang mampu.

Dan untuk mendukung Baznas menghimpun dana umat, Pemkab Meranti dikatakan Bupati Adil, akan langsung melakukan pemotongan pendapatan pegawai khususnya golongan III Keatas sebesar 2,5 Persen.

"Ini kita lakukan untuk membersihkan penghasilan pegawai sesuai yang diatur didalam islam," ujar Bupati Adil.

Kemudian, dikatakan Bupati Adil, Pemkab Meranti juga akan berupaya untuk membantu imam masjid, bilal, marbot dan pengasuh anak yatim dalam bentuk bahan pangan senilai 200 ribu/bulan.

"Untuk bantuan ini kita telah menyediakan 10 ribu paket, agar adil paket ini hanya boleh diterima oleh warga penerima manfaat yang belum menerima bantuan dalam bentuk apapun (PKH) karena bantuan ini tidak boleh ganda," jelas bupati lagi.

Kegiatan ditutup dengan silahturahmi antara Bupati Adil dan Pengurus Baznas serta foto bersama.***