PONOROGO – Sony Andriawan, warga Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, ditangkap aparat Polres Ponorigo karena diduga melakukan penipuan terhadap belasan wanita.

Pria penipu itu tak hanya berhasil menguras harta korban, tapi juga meniduri para korbannya. Di antara belasan wanita yang menjadi korban Sony, ada yang berprofesi sebagai dokter dan bidan.

Pelaku mengincar para korbannya nelalui aplikasi kencan dan perjodohan. Kepada para korban, pelaku mengaku sebagai pegawai Jasa Marga. Akibat penipuan Sony, belasan pelaku yang sebagian besar berstatus janda itu mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

Dikutip dari Sindonews.com, aparat Polres Ponorogo berhasil menangkap Sony setelah menipu dokter muda yang sedang magang di RSUD Ponorogo.

Selain menangkap pelaku penipuan tersebut, polisi juga menyita mobil milik korban yang sempat dilarikan pelaku, sebagai barang bukti.

Kapolres Ponorogo, AKBP Catur Cahyono mengungkapkan, pelaku berkenalan dengan dokter muda tersebut melalui aplikasi kencan dan perjodohan. Sony yang mengaku sebagai pegawai Jasa Marga berhasil memperdaya korban, hingga bersedia diajak tidur di hotel.

"Setelah berkenalan dengan korban, pelaku penipuan tersebut mengajak korban kencan dan menginap di Hotel Gajahmada Ponorogo. Lalu pelaku meminjam mobil korban, setelah itu kabur meninggalkan korban," tutur Catur.

Dari hasil penyelidikan, pelaku penipuan ini ternyata sudah berulangkali melakukan penipuan dengan modus yang sama. Korbannya sekitar 15 wanita, yang sebagian besar janda.

"Modus yang digunakan pelaku penipuan ini, adalah berkenalan dengan korban melalui aplikasi kencan dan perjodohan. Lalu mengajak bertemu, dan saat berkencan seluruh harta korban dikuras," terang Catur.

Polisi masih melakukan pendalaman terhadap kasus penipuan ini, karena diduga masih ada korban lain. Sementara ini pelaku ditahan di Mapolres Ponorogo, untuk kepentingan penyelidikan.***