PEKANBARU – Hari ini, Rabu (8/3/2023), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Pekanbaru BMKG memprakirakan cuaca di Riau berpotensi diguyur hujan.

Forecaster on duty BMKG, Mia V mengatakan sebagian besar wilayah Provinsi Riau akan mengalami cuaca cerah berawan hingga berawan, dengan suhu udara berkisar antara 22,0 - 32,0°C dan kelembapan udara mencapai 55 - 98%.

Namun, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah, terutama di Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hulu pada malam dan dini hari.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kabupaten Kampar pada malam dan dini hari.

Selain prakiraan cuaca, BMKG juga memperbarui titik panas (hotspot) terbaru di wilayah Sumatera. Dari total 21 titik panas yang terdeteksi, 2 di antaranya berada di Provinsi Riau, yaitu di Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Rokan Hulu.

BMKG juga mengeluarkan prakiraan gelombang laut di perairan Provinsi Riau. Tinggi gelombang diprediksi akan berkisar antara 0,50 - 1,25 meter (rendah), namun warga diminta waspada terhadap potensi angin kencang dan gelombang mencapai 1,5 meter di wilayah perairan Bintan, Perairan Lingga, dan Utara Bangka. ***