PEKANBARU - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PPP Riau, Husaimi Hamidi mengingatkan para kandidat kepala daerah yang diusung oleh PPP harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatannya.

Dikatakan Husaimi, pemerintah pusat sudah memutuskan untuk melanjutkan Pilkada serentak, makanya keputusan yang sudah diambil ini harus dibarengi dengan upaya-upaya dalam mencegah penyebaran virus Corona ini.

"Virus ini kan sangat berbahaya, himbauan kita dari Parpol kepada masyarakat, apalagi calon yang dari PPP. Dalam melaksanakan kampanye harus mematuhi protokol Covid-19," kata Ketua Fraksi Gabungan DPRD Riau ini kepada GoRiau.com, Rabu (7/10/2020).

Apalagi, Husaimi dalam beberapa hari ini melihat cukup banyak video viral tentang adanya masyarakat yang melawan petugas. Ini contoh yang tidak elok, padahal kan ini demi kepentingan bersama juga. 

Calon kepala daerah,tegasnya, harus bisa membantu pemerintah dalam mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan.

Husaimi menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan jajaran tim yang ikut di Pilkada Serentak 9 kabupaten kota se-Provinsi Riau ini, dan para calon-calon yang diusung oleh PPP sudah patuh dalam aturan itu.

"Kita tidak mau nanti ada teguran dari Bawaslu. Ini kan tidak elok, masa seorang calon pemimpin melanggar aturan. Alhamdulillah, Calon-calon kita sudah patuh, contohnya kampanye maksimal 50 orang, pakai masker, duduk berjarak, cuci tangan. Mereka sering kirim laporan ke kami," tuturnya.

Para calon, lanjutnya, harus menjaga citranya dengan baik di hadapan masyarakat karena mereka adalah calon pemimpin masyarakat. Sehingga, wajib bagi mereka untuk menjadi tauladan bagi masyarakat.

Sebagai pengurus di tingkat provinsi, Husaimi memastikan pihaknya akan terus memantau dan mengingatkan jika ada pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh calon-calon yang saat ini tengah bersosialisasi.

"Sebagai bentuk tanggungjawab, kita akan memantau itu dan mengingatkannya," tutupnya.***