PEKANBARU - Polda mengklarifikasi informasi yang sempat beredar pasca Polres Kampar membuat postingan di akun media sosial resminya bahwa akan ada penutupan jalan selama tujuh jam saat pelaksanaan Tour de Muara Takus 2022 yang digelar Sabtu, 12 November 2022. Polda memastikan tidak ada penutupan Jalan Lintas Riau - Sumbar selama 7 jam, penutupan hanya dilakukan beberapa menit saat para pembalap melintasi jalan nasional tersebut.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto saat konferensi pers, Kamis (10/11/2022) di Hotel Furaya Pekanbaru mengatakan, pihaknya sudah men-takedown postingan yang dilakukan Polres Kampar tersebut.

''Selama penyelenggaraan Tour de Muara Takus, hanya ada pengalihan jalan dan penutupan sementara saat para pembalap melintas di jalan tersebut,'' ujarnya.

Diperkirakan Tour de Muara Takus akan memakan waktu sekitar lima jam dari start di depan Mapolda Riau hingga finish di Candi Muara Takus. Penutupan jalan hanya dilakukan antara Pit Stop yang dilalui.

''Umpamanya saat Pit Stop 1 di Istana Kesultanan Kampa hingga Pit Stop 2 di Balai Bupati, penutupan hanya dilakukan saat para peserta melintasi jalan tersebut. Namun untuk lintasan tersebut, pengendara roda empat akan diarahkan melewati jalan alternatif yakni Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang. Jadi panitia akan mengarahkan pengendara mobil untuk mengambil jalur tol,'' jelasnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Riau, Syahrial Basri mengatakan, untuk pengendara yang sudah terlanjur berada di jalur yang dilalui, nantinya hanya akan diarahkan untuk menepi saat para pembalap melintasi jalan tersebut.

''Kecuali di Pit Stop 3 dimana akan ada race para pembalap nasional. Karena itu, merupakan balap dengan kecepatan tinggi maka penutupan jalan sementara terpaksa dilakukan, tapi itu tidak akan lama karena jalan nasional yang terpakai hanya 1 kilometer yakni dari Lembah Gulamo sampai Simpang Muara Takus. Jadi hanya beberapa menit saja,'' ujarnya.

Sebelumnya, akun Instagram resmi @satlantaskampar, menjelaskan bahwa masyarakat diminta untuk menunda keberangkatan saat event Tour De Muara Takus 2022 yang diselenggarakn pada Sabtu 12 November 2022 mendatang.

Selain itu, dari akun tersebut, polisi disebut akan menutup akses Jalan Lintas Riau - Sumbar selama 7 jam dari pukul 06.00 WIB hingga 13.00 WIB. Namun postingan tersebut bisa dibilang tidak benar dan sudah dihapus. (kl2)