PEKANBARU - PT PLN (Persero) menyatakan permainan layang-layang berdampak serius terhadap distribusi listrik ke rumah warga karena sedikitnya 114 lokasi di Kota Pekanbaru, Riau, kerap mengalami pemadaman listrik.

“Terdapat 114 lokasi di Kota Pekanbaru yang sering padam listrik disebabkan oleh layang-layang,” kata Manager Bagian Jaringan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru, Said Murtazak dalam siaran pers kepada Antara di Pekanbaru, Selasa (2/6/2020).

Said menjelaskan bahwa untuk menekan angka gangguan listrik akibat layangan, PLN telah berkoordinasi dengan aparat terkait. PLN juga melakukan sosialisasi di beberapa lokasi kantor lurah dan pemukiman warga yang banyak pemain layang-layang.

“Khusus untuk patroli layang-layang kami lakukan rutin setiap sore hari, menyasar titik-titik lokasi para pemain layangan, hingga malam hari juga masih kami dapati masyarakat yang bermain layang-layang yang mana layang-layang yg ditemui menggunakan lampu dari baterai. Perlu Dukungan dan kerja sama aparat serta tokoh masyarakat untuk peduli dan ambil bagian dalam menertibkan pemain layang-layang agar keberadaannya tidak mengganggu kepada kita semua khususnya Jaringan Listrik PLN,” katanya.

Namun, menurut Said yang terpenting adalah kepedulian masyarakat khususnya penggemar layang-layang untuk tidak bermain dekat jaringan PLN apalagi sampai menyentuh jaringan Listrik karena hal ini juga membahayakan jiwa mereka yg bermain bisa saja terkena aliran listrik melalui benang layang-layang yang dimainkan, ketegasan instansi dan aparat terkait dalam menerapkan larangan bermain layangan di lokasi berbahaya sangat diperlukan.

Ia menjelaskan upaya pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik kerap dilakukan secara berkala untuk memastikan pasokan listrik ke rumah-rumah pelanggan aman.

“Mulai dari pemangkasan pohon milik warga, perbaikan konstruksi jaringan listrik, hingga upaya perbaikan dan pemeliharaan instalasi jaringan listrik seperti trafo dan gardu distribusi. Sebelum melakukan pemangkasan, kami akan melakukan pendekatan kepada warga minimal 1 minggu sebelumnya,” tuturnya.

Pemeliharaan jaringan tidak hanya dilakukan pada hari kerja saja, namun juga pada hari-hari libur. Ini terutama jika terjadi gangguan seperti pohon tumbang yang menimpa jaringan, kabel yang putus, dan lain-lain yang mengakibatkan terputusnya aliran listrik ke rumah pelanggan.

“Untuk pelayanan terbaik, kami siap melayani 24 jam dan Pelanggan bisa menghubungi Contact Center PLN 123 untuk melaporkan gangguan dan menginformasikan hal-hal yang mebahayakan masyarakat dan jaringan listrik PLN, Jika terjadi gangguan temporer tetap kami lakukan inspeksi untuk mengetahui penyebab gangguan,” katanya.

Dalam mendistribusikan aliran listrik kota Pekanbaru, PLN memiliki panjang jaringan tegangan menengah (JTM) 1.885 km, jaringan tegangan rendah (JTR) 8.924 km dan gardu distribusi sebanyak 3.244 unit dengan total kapasitasnya 554.650 kVA. Hal ini diperuntukkan untuk melayani 458.997 pelanggan di Kota Pekanbaru PLN menghimbau serta mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga asset yang tersebar ini agar masyarakat khususnya pelanggan PLN dapat menikmati listrik dengan Nyaman dan Andal.

Untuk daerah yang berpotensi tersebar di beberapa kecamatan diantaranya berlokasi di Jl. Soekarno Hatta Prm.sidomulyo, Jl. raya teratak buluh, Jl. Lubuk Siam, Jl. Pangkalan Baru, Jl.Kubang Raya, Jl Mustang pasir putih, Jl.Handayani, Jl.Al fajri Pasir putih, Jl .Pandau jaya, Jl. Sepakat pasir putih, Jl. Selamat, Jl. Hangtuah, Jl. Tenayan, Jl.Parit Indah, Jl. Pesantren, Jl. Sumber Sari, Jl.Budi Luhur, Jl.Pasar Tangor, Jl. Singgalang, Belakang Pasar Sail, Jl. Tanjung Datuk, Jl. Sumber Sari, Jl. AMD, Jl. Simpang BPG, Jl.Seroja, Jl. Sekuntum, Jl. Bukit Barisan, Jl.Daru daru, Jl.lily, Jl. Pangeran Hidayat, Jl.garuda, Jl. Meranti, JL. Pemudi, Jl. Meranti Batu, Jl. Singkawang, Jl. merak, Jl. Cikditiro, Jl. Kulim.

Jl. Manggis, Jl. Sawo, Jl. Kassa, Jl. Cempaka, Jl. Selamat, Jl. Durian, Jl. Bundo kandung, JL. Kuau, JL.M. Yamin, JL. Katio, Jl. Kesehatan, Jl. Wakaf, Jl. Kota Baru, Jl. Sidorukun, Jl. Taskurun, Jl. Saus, Jl. Rambai, Jl. Belimbing, JL.Garuda Tangkerang, Jl. Bandeng, Jl.Bahana, Jl. Neraca, Jl.Cendrawasih, Jl. Selamat, Jl. Hangtuah, Jl. Tenayan, Jl. Parit Indah, Jl. Pesantren, Jl. Sumber Sari, Jl. Budi Luhur, Jl. Pasar Tangor, Jl. Singgalang, Belakang Pasar Sail, Jl. Tjg Datuk, Jl. Sumber Sari, Jl. AMD, Jl. Simpang BPG, Jl. Seroja, Jl. Sekuntum, Jl. Bukit Barisan, Jl. Daru daru, Jl. Taman Karya, Jl. Cipta Karya, Jl. Purwodadi, Jl. Marsan, Jl. Delima, Jl. Lobak, Jl. Budi Daya, Jl. Swakarya, Jl. Muhajirin, Jl. Karyawan, Jl. Sukakarya, Jl. H. Usman (Kebun Binatang), Jl. Garuda Kubang Raya, Jl. Rambah Raya, Jl. Datuk Tunggul, Jl. Eka Tunggal, Jl. Saiyo, Jl. Melati, Jl. Putri Tujuh, Jl. Graha Bangun Karya, Jl. Tuah Karya, Ds Limau manis, Ds Naumbai, Pasar Usang (Seputaran Masjid Jamik), Perum. Yuzura Rimbo panjang, Jl. BPD Rimbo panjang, Jl. Uka Garuda sakti, Perumahan mahkota kubang, Jl. Putaran karya indah, Perum griya setia bangsa, Jl. Kijang putih, Jl. Poros desa pancuran gading, Jl. Melur raya dan Jl. Kubang raya,Jl.Limbungan Rumbai Pesisir. ***