BENGKALIS–Penjabat Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi ngopi dan berdiskusi  bersama para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Kamis (4/2/2021).

Kegiatan ngopi besamo dan silaturahim yang ditaja Kerukunan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (KUKMI) Bengkalis itu, dihadiri sejumlah kepala perangkat daerah terkait, Kadin, Soodu.id, Bengkalis UMKM Community, PPJI, MES, HIPMI dan ISEI Bengkalis.

Pada kesempatan tersebut Penjabat Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas agenda yang digelar oleh KUKMI Bengkalis, yaitu ngopi besamo dan berdiskusi sekaligus mendengarkan keluh kesah para pelaku UMKM yang dijalankan selama ini.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis senantiasa memberikan dukungan serta membantu terhadap para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Bengkalis, tadi saya sudah dengarkan apa yang menjadi kendala serta keluhan baik dari Perangkat Daerah terkait maupun dari para Pelaku UMKM itu sendiri, oleh karena itu kita perlu sinergi serta kolaborasi antara pelaku UMKM dan Pemerintah Daerah untuk mengatasi keluhan tersebut,” ucapnya.

Orang nomor satu Bengkalis juga menyatakan, salah cara untuk membangkit  gairah para pelaku UMKM, yaitu pemerintah daerah harus merubah pola pikir lama, diganti dengan pola pikir yang baru, yaitu dengan cara semua produksi dari UMKM tersebut dibeli Pemerintah Daerah.

“Jadi kita tidak perlu lagi memakai pola lama, yang kita perlu sekarang ini bagaimana cara melalui program pemerintah bisa melibatkan para pelaku usaha itu sendiri, sehingga para pelaku UMKM kembali giat untuk meningkat produksinya. Tadi juga kita sudah dengarkan bersama bahwa yang menjadi kegalauan para UMKM yaitu bukan pada produksi tetapi pemasarannya,” tuturnya.

Inilah yang menjadi PR bersama, bagaimana mengatasi keluhan dan kegalauan yang dialami para pelaku UMKM, sehingga bisa segara diatasi secara bersama. Mudah-mudahan melalui diskusi seperti ini dapat menemukan gagasan yang baik untuk menyelesaiakannya.***