PEKANBARU- Bakal Calon Bupati Siak, Sayed Abubakar Assegaf hampir dipastikan akan melaju ke Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Siak 2020 berpasangan dengan kader PKS, Reni Nurita.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Riau, Markarius Anwar membenarkan bahwa pihaknya sudah memberikan rekomendasi.

Dikatakan Markarius, pihaknya memang belum bisa memastikan karena kepastian baru bisa disampaikan jika sudah ada Surat Keputusan (SK) DPP PKS. Sementara saat ini SK DPP untuk Pilkada Siak belum diberikan.

"Iya benar, Ibeck lagi kita proses, SK belum keluar baru hanya rekomendasi dari partai, mekanismenya dari DPD ke DPW, kita DPW meneruskan ke DPP," kata Politisi yang biasa disapa Eka ini, Senin (6/7/2020).

Untuk informasi, Sayed Abubakar yang biasa disapa Ibeck merupakan kader potensial dari Demokrat dan telah dibekali surat tugas dari DPP Demokrat.

Sementara Reni Nurita adalah kader PKS yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Siak periode 2004-2009. Reni adalah seorang ustadzah yang memiliki cukup banyak jemaahnya.

"Beliau (Reni) juga tokoh perempuan di Siak. Punya sekolah juga, karena basisnya pendidikan juga. Makanya Ibeck mau sama dia," tuturnya.

Sebenarnya, Ibeck - Reni bukan satu-satunya pasangan yang direkomendasikan oleh DPW PKS Riau, namun ada nama pasangan lain yakni Suhartono dan Indra Isnaini.

Suhartono merupakan kader Gerindra sementara Indra Isnaini merupakan kader PKS.

"Tapi yang diprioritaskan yang sudah ada partai pak Ibeck dia sudah ada rekom dari Demokrat, sementara pak Suhartono masih berproses dengan Gerindra. Nanti siapa yang duluan dapat partai, kemungkinan itulah yang diusung DPP," jelasnya. ***