PEKANBARU - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP akan dilaksanakan pada tanggal 22 April 2019 mendatang. Segala persiapan terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan beberapa persiapan pelaksanaan UN telah dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. 

"Saat ini persiapan kita telah 100 persen tinggal menunggu pelaksanaannya saja sesuai dengan jadwal," kata Abdul Jamal di Pekanbaru, Selasa (16/4/2019)

Beberapa persiapan tersebut seperti melakukan koordinasi mengenai aliran listrik kepada pihak PLN, serta provider penyedia layanan jaringan. 

Ads
Tidak hanya itu, ia juga menambahkan dalam pelaksanaan UNBK diyakini akan berjalan lancar, sebab dalam pelaksanaannya, peserta yang mengikuti UNBK tingkat SMP menggunakan fasilitas dari SMA maupun SMK yang lebih dulu melaksanakannya. 

"Untuk Kota Pekanbaru nantinya ada 78 persen sekolah yang melaksanakan UNBK, sedangkan sisanya masih menggunakan Ujian Nasional kertas pensil," tambahnya.

Ia juga menjelaskan dalam pelaksanaan UN tingkat SMP ini telah dilakukan rapat pengawas silang, serta menyurati guru-guru yang akan ditugaskan. 

Ia menuturkan surat keputusan (SK) dalam pembagian tugas untuk mengawas telah dikeluarkan, dan tinggal menunggu waktu pelaksanaan UNBK saja. ***