PEKANBARU – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Pekanbaru memiliki setidaknya 26.000 pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), berdasarkan data tahun 2019 lalu. Para pelaku UMKM memerlukan pembinaan agar dapat terus berkembang dan menopang kesejahteraan ekonomi warga Pekanbaru.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Sarbaini mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan pembinaan. Diantaranya dengan memberikan pelatihan-pelatihan agar pelaku UMKM dapat bertahan.

"Kita merupakan dinas yang berkaitan untuk membina pelaku UMKM di Pekanbaru. Saat ini tercatat 26 ribu pelaku UMKM sejak tahun 2019," jelasnya.

Meskipun demikian, ia menjelaskan data ini belum divalidasi untuk tahun 2022. Karena pasca pandemi Covid-19 dan berbagai faktor lainnya, beberapa pelaku UMKM sudah menutup usahanya.

"Saat anggota kita turun kemarin, ternyata ada yang tidak berjalan lagi usahanya. Maka itu, dinas kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk pembinaan dan pendataan UMKM, agar mereka benar-benar terorganisir," pungkasnya. ***