BENGKALIS, GORIAU.COM - Peringatan Hari Anak Nasional di Bengkalis, Riau berlangsung meriah. Ratusan pelajar TK, SD, SLTP dan SLTA memenuhi halaman Kantor Bupati Bengkalis mengikuti peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Bengkalis, Sabtu (13/9/2012). Berbagai acara turut memeriahkan kegiatan yamg dihadiri Bupati H Herliyan Saleh, Ketua TP PKK Hj Romaini Herliyan dan Ketua PAUD Hj Fatimah Johar Suayatno.

Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Bengkalis tahun ini meriah dengan berbagai penampilan lucu dan lugu para anak TK yang mengikuti lomba lempar bola dan mewarnai. Bupati tak kuasa menahan tawa melihat tingkah laku mereka memasukkan bola ke keranjang yang telah disiapkan panitia.

Demikian pula lomba mewarnai yang juga diikuti ratusan murid TK serta peragaan mencuci tangan dan gosok gigi yang benar oleh pelajar SD turut menambah meriahnya acara. Tak kalah meriah lagi tingkah para siswa SLB yang mengikuti senam soina. Bupati Herliyan Saleh dalam pengarahannya mengatakan Pemkab Bengkalis sangat mendukung dijadikan Bengkalis sebagai kota layak anak. Ia juga mengajak semua stakeholders untuk mempersiapkan program-program menuju kabupaten layak anak (KLA), mulai dari level kabupaten, kecamatan, desa maupun kelurahan.

“Perimgatan HAN seharusnya dilaksanakan Juli kemarin. Namun dikarenakan berbagai kesibukan dan waktu yang. kurang tepat, apalagi menghadapi bulan puasa dan lebaran, peringatan HAN baru bisa terselenggara hari ini. Saya berharap setelah kegiatan ini seluruh stakeholders turut mendukung program Bengkalis kota pendidikan dan Kota Layak anak,”pinta Bupati.

Untuk mewujudkan Bengkalis sebagai KLA, tidak hanya di perkotaan saja yang menjadi sasaran. Akan tetapi kelurhan atau desa juga harus layak anak. Maka dari itu diharapkan seluruh camat bersama seluruh perangkat desa/kelurahan lakukan pembinaan anak, mulai dari optimalisasi posyandu, optimalisasi pos-pos PAUD, pembentukan remaja mesjid, dan kegiatan-kegiatan lain pendukung pendidikan anak untuk digalangkan kembali.

Untuk meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan juga tidak terlepas dari dukungan semua elemen. Baik masyarakat, orang tua anak didik serta tenaga kependidikan. “KLA dan kota pendidikan bisa terwujud dengan kesungguhan dan tekad yang murni dari hati melaksanakan tugas. Untuk tenaga kependidikan diharapkan bisa lebih meningkatkan kreativitas dan prestasinya,”papar Herliyan.

Pada kesempatan itu Bupati didampingi Ketua TP PKK Hj Romaini memyerahlan bingkisan kepada siswa-siswa berprestasi, pemberian makanan dengan bahan baku ikan dan bantuan peralatan olahraga bagi TK.

Hadir dalam kegiatan itu Asisten II Setdakab Bengkalis H Arianto yang juga ketua pelaksana kegiatan, para kepala dinas, badan dan bagian di lingkup Pemkab Bengkalis serta unsur Forkominda.

Usai membuka peringatan HAN, Bupati dan rombongan meninjau LP Kelas II A Bengkalis untuk menyambangi sekaligus menyerahkan bantuan kepada narapidana anak yang sedang menjalani masa tahanan. Kemudian menyerahkan bantuan kepada warga Meskom yang mengalami musibah kebakaran. (jfk)