PANGKALAN KERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan menggelar upacara peringatan hari otonomi daerah tahun 2019, di halaman kantor bupati Pelalawan, Kamis (25/4/2019).

Tema peringatan hari otonomi daerah XXIII tahun 2019 adalah refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah.

Wakil Bupati Pelalawan, H Zardewan saat menjadi inspektur upacara membacakan amanat Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo bahwa perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai.

"Otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, dimana masyarakat didorong dan diberi kesempatan luas mengembangkan kreativitas dan inovasinya," katanya.

Ads
Lanjutnya Wabup, muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif dari masyarakat.

"Disamping itu, diharapkan daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah," pesannya.

Terakhir Menteri Tjahjo Kumolo melalui sambutan Wabup, berharap kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah untuk memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi di daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Dengan demikian pemerintah daerah dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat, karena masyarakat semakin menyadari akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara dalam mendapatkan pelayanan," paparnya.

Hadir dalam kesempatan ini, Bupati Pelalawan HM Harris, Sekda Tengku Mukhlis, para Kepala OPD, pejabat Administrator di lingkungan Pemkab Pelalawan dan ASN.*