TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengapresiasi kepedulian PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kuansing. Mulai dari meningkatkan kompetensi guru hingga manajemen sekolah untuk kepala sekolah, telah dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kuansing, Masrul Hakim saat membuka pelatihan tingkat sekolah modul III, Senin (22/11/2021) pagi di Telukkuantan. Pelatihan ini merupakan program school improvement PT RAPP yang sudah digelar sejak tahun 2018.

"Kegiatan pelatihan modul III yang ditaja RAPP ini sangat luar biasa dan sangat membantu program pemerintah dalam hal peningkatan kapasitas kepala sekolah mengelola sekolahnya," ujar Masrul.

Kemudian, lanjut Masrul, para guru juga meningkatkan kemampuannya dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini ia sambut positif. Karena itu, Masrul menekankan kepada seluruh peserta untuk serius dan maksimal mengikutinya.

"Hasil pelatihan ini diterapkan di sekolah masing-masing, sehingga sekolahnya bisa menjadi contoh praktik baik bagi sekolah lainnya di Kuansing," tutur Masrul.

Kegiatan roll out training ini diikuti 136 orang guru dan kepala sekolah dari 13 sekolah mitra. Sekolah ini berada di sekitar wilayah operasional PT RAPP. Pada pelatihan yang berlangsung selama enam hari, 22 - 27 November 2021, PT RAPP menerjunkan 13 orang fasilitator daerah.

Pelatihan ini dibagi dua gelombang, gelombang pertama terdiri tiga grup yakni grup kepala sekolah, grup mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Sedangkan gelombang dua diikuti mata pelajaran IPA, IPS dan grup kelas awal.

Menurut SHR Manager RAPP wilayah Kuansing Kampar, Andrisman, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian PT RAPP terhadap dunia pendidikan Kuansing. Program ini sesuai dengan SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan poin 4 tentang pendidikan berkualitas.

"Setiap tahun kita laksanakan, tahun 2018 itu modul I, 2019 modul II dan 2020 pandemi datang, makanya tahun ini kita lakukan modul III," ujar Andrisman didampingi Sundari Berlian selaku Manager Operation CD RAPP dan Vonne Kandau selaku Koordinator Program Pendidikan CD.

Dengan adanya kegiatan ini, pendidikan di Kuansing akan semakin berkualitas. Menurut Andrisman, saat ini kualitas pendidikan Kuansing sudah bagus. Hal itu terbukti dari berbagai seleksi beasiswa program ikatan dinas yang dilakukan PT RAPP.

"Banyak putra-putri Kuansing yang lolos seleksi ini. Namun, kegiatan ini diharapkan pendidikan Kuansing semakin baik dan semakin berkualitas," tutup Andrisman.***