PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru merencanakan pembangunan jalur sepeda dilakukan tahun ini. Jalur sepeda ini akan terhubung melalui pusat perbelanjaan, pasar-pasar, masjid raya, pusat wisata, hingga sekolah-sekolah.

"Tahun ini kita rencanakan pembangunannya. Nanti jalurnya tersambung mulai dari pusat wisata, pusat perbelanjaan, masjid raya dan sekolah, sehingga anak-anak bisa kesekolah dengan sepeda," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso, Kamis (1/4/2021).

Meskipun pembuatan jalur tersebut direncanakan tahun ini, Yuliarso menjelaskan bahwa pihaknya belum bisa memastikan kapan jalur itu selesai dan dapat digunakan. Apalagi, saat ini kondisi keuangan daerah masih banyak tersita untuk penanganan Covid-19.

"Kita maunya tahun ini selesai. Tetapi tentu menyesuaikan dengan kemampuan daerah," ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan berita sebelumnya, Dishub Pekanbaru sudah melakukan survei peta untuk kawasan yang akan dibuat jalur sepeda tersebut. Pembuatan jalur ini direncanakan sejak tahun 2020 lalu, dimana besaran anggarannya mempertimbangkan Provinsi DKI Jakarta. ***