PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Tahun baru Islam 1434 H di Kabupaten Pelalawan dipastikan meriah. Serangkaian kegiatan telah disiapkan dalam rangka mensyiarkan pergantian Tahun Hijriyah yang jatuh pada Kamis (15/11/2012) mendatang. Hal ini dikatakn ketua PHBI Pelalawan H M Nasir didampingi koordinator lomba DR H Edi Iskandr M.Pd Kamis (8/11/2012).

''InsyaAllah peringatan Tahun Baru Islam 1434 tahun ini lebih semarak karena beberapa agenda kegiatan telah disiapkan dengan melibatkan kalangan pelajar hingga perwiridan,'' terangnya.

Edi yang juga Kasi Mapenda Kantor Kemenag Pelalawan menjelaskan, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan yakni lomba syarhil Quran tingkat SMP/SMA se Kabupaten Pelalawan. Masing-masing kecamatan 1 regu. ''Alhamdulillah untuk Syarhil Quran sudah ada delapan kecamatan yang memastikan ikut,'' katanya.

Edi menambahkan, panitia juga melaksanakan lomba marhaban atau berzanji, karena marhaban berzanji dinilai berangsur dilupakan dan perlu diangkat kembali. Juga ada lomba rebana tingkat perwiridan ibu-ibu se Kecamatan Pangkalan Kerinci. Rangkaian kegiatan lainnya sebut peraih gelar doktor pendidikan termuda di Kabupaten Pelalawan menyebutkan juga ada karnaval pawai melibatkn siswa SD/MI-SMA/MA se Pangkalan Kerinci, zikir dan tabligh akbar pada acara puncaknya.

''Kita berharap dengan semarak dan gema Muharram dapat menambah syiar dan kecintaan generasi muda terhadap tahun Hijriyah,''paparnya sambil menyebutkan panitia menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan, tropi dan piagam bagi pemenang.

''Dengan hal ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat peserta untuk menjadi yang terbaik,''ungkap Edi sambil menyebutkan acara lomba dipusatkan di Masjid Raya Al Muttaqin mulai 11-13 Nopember mendatang. (kst)