PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih membutuhkan tambahan unit ambulans untuk menunjang kinerja tim Satgas Covid-19. Apalagi saat ini, penambahan kasus harian positif Covid-19 di Kota Pekanbaru masih tinggi.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru pertanggal 30 September, positif Covid-19 di Kota Pekanbaru bahkan mencapai 218 kasus, dan ada lima pasien dinyatakan meninggal dunia. Untuk total keseluruhan, pasien sembuh berjumlah 1.317 orang, total pasien yang masih dirawat  2.301 orang, sedangkan total pasien meninggal dunia 66 orang selama pandemi Covid-19 di Pekanbaru.

"Untuk mendukung penanganan kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru, kita akan minta kepada Provinsi untuk bantuan ambulans. Karena yang kita punya juga sudah tua," ujar Walikota Pekanbaru Firdaus, Kamis (1/10/2020).

Ia menjelaskan, jumlah ambulans yang dibutuhkan Pemko Pekanbaru setidaknya 8 unit. Diantaranya untuk disiagakan di lima pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) rawat inap dan Rumah Sakit Madani.

"RSD Madani minimal punya dua ambulance, di UGD dan di pengangkutan. Kita juga perlu penguatan di puskesmas, kita perlu untuk lima rawat inap ditambah satu ambulans untuk Rumah Sehat Rejosari," pungkasnya.***