JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mencopot Widodo Hario Mumpuni selaku Komisaris Independen PT Pelni, dan menggantinya dengan Kristia Budiarto.

Kristia merupakan pegiat media sosial Twitter melalui akun @kangdede78 yang kerap menggaungkan program-program dari Presiden Joko Widodo.

"Terima kasih semua untuk doa baiknya, untuk amanah & tanggung jawab yang diberikan kepada saya. Mohon maaf belum bisa bales mention satu persatu, semoga Tuhan memberkati kita semua," kata Kristia Budiarto dikutip dari akun twitternya, Selasa (3/11/2020).

Selain Kristia Budiarto di kursi Komisaris Independen, Erick juga menetapkan Iwan Taufiq Purwanto sebagai komisaris mengganti Marwanto Harjowiryono.

Iwan sebelumnya adalah Deputi bid. Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Yahya Kuncoro dalam lansiran kompas.com yang dikutip Selasa (3/11/2020) mengatakan, pergantian komisaris ini dilakukan sebagai langkah Kementerian BUMN selaku pemilik modal untuk memperkuat perusahaan terutama di masa adaptasi kebiasaan baru.***