TELUKKUANTAN – Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, mengapresiasi Djoeragan Net yang peduli dengan pacu jalur. Dukungan Djoeragan Net sangat membantu masyarakat dalam mengikuti berbagai iven, mulai ajang uji coba hingga iven nasional di Tepian Narosa Telukkuantan.

Salah satu jalur yang disponsori oleh Djoeragan Net adalah Rajo Bujang RAPP Djoeragan Net dari Desa Padangtanggung, Kecamatan Pangean. Dukungan dari Djoeragan Net mengantarkan jalur ini sebagai juara VIII di Tepian Narosa, 25 Agustus 2022.

"Kami sangat berterima kasih kepada Djoeragan Net yang telah membantu dari segi pendanaan. Dukungan Djoeragan Net sangat berarti bagi kami," ujar Tamrin, Kepala Desa Padangtanggung, Kecamatan Pangean, Ahad (28/8/2022) siang.

Dikatakan Tamrin, biaya operasional untuk mengikuti satu iven pacu jalur sangat besar. Dengan adanya bantuan dari Djoeragan Net, beban masyarakat Padangtanggung menjadi ringan.

"Djoeragan Net dari awal menjadi sponsor kami, mulai dari iven ajang uji coba di Tepian Rajo, Tepian Lubuok Sobae dan puncaknya di Tepian Narosa. Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian Djoeragan Net," ujar Tamrin.

Selain Rajo Bujang, Djoeragan Net juga menjadi sponsor jalur Singa Ngarai RAPP Djoeragan Net, Sembilan Langkah Putri Samudra Djoeragan Net, Tapak Tigo Tumpuan Nagori Djoeragan Net, Dubalang Penghulu Rajo RA Cell Djoeragan Net dan Kahulu Jantan Danau Kompe.

Selain mendukung jalur-jalur yang berpacu, Djoeragan Net juga mendukung streamer yang menyiarkan secara langsung pacu jalur. Ada dua chanel yang didukung, yakni IPJKS dan Koleksi Pacu Jalur.

Selama pacu jalur, mulai dari tingkat rayon hingga iven nasional, live streaming berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Hal ini sangat disambut baik oleh masyarakat Kuansing yang berada di perantauan. Saat menonton live streaming, rindu akan pacu jalur terobati seketika.

"Lancarnya siaran langsung ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, salah satunya Djoeragan Net. Kami sangat berterima kasih," ujar Jos Areo Fainskif, pengelola chanel Koleksi Pacu Jalur.

Ke depan, ia berharap Djoeragan Net tetap konsisten dalam pelestarian budaya pacu jalur. Terutama mendukung streamer dalam mendokumentasikan dan mempublikasikan budaya pacu jalur.

"Hendaknya ini juga diikuti oleh pihak-pihak swasta sebagai wujud dukungan atas pelestarian pacu jalur," ujar Areo.

GoRiau Miki Marwilis, Owner Djoeragan
Miki Marwilis, Owner Djoeragan Net tersenyum bahagia menyaksikan jalur-jalur andalannya berpacu di Tepian Narosa. (foto: ist)

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pagelaran festival pacu jalur di Tepian Narosa berjalan sukses. Kesuksesan kegiatan pacu tidak lepas dari peranan sponsor yang membantu jalur-jalur masyarakat untuk turun dalam iven budaya tahunan di Kuansing. Satu diantaranya sponsor memberikan dukungan kepada jalur masyarakat Kuansing yakni Djoeragan Net, usaha di bidang Mini Market dan WiFi di kecamatan Benai.

Tidak hanya jalur dari Kecamatan Benai saja, Djoeragan Net juga memberikan dukungan kepada jalur dari Kecamatan lainnya. Dukungan diberikan secara penuh oleh Djoeragan Net selama pacu berlangsung.

Jalur yang disponsorinya ini tidak hanya dibantu secara materil saja tetapi pembinaan dan dukungan moril juga diberikan, sebelum dan selama pacu berlangsung diberikan secara total.

Dua diantara jalur ini bahkan berhasil hingga putaran hari Kelima. Meskipun tidak finish sebagai juara tepian narosa tahun ini, dua jalur tersebut tetapi berhasil menduduki sebelas besar di hari terakhir pacu jalur.

"Dari enam jalur yang kita sponsori kemarin, alhamdulillah ada dua jalur yang berhasil melaju hingga hari terakhir meskipun belum juara," ungkap Miki Marwilis, owner Djoeragan Net.

Dua jalur ini diantaranya Rajo Bujang RAPP Djoeragan Net yang berhasil menduduki di peringkat delapan. Kemudian Singa Ngarai RAPP Djoeragan Net berada di posisi sebelas.

Miki mengatakan, Djoeragan Net mensponsori sejumlah jalur ini sebagai bentuk kecintaannya terhadap budaya pacu jalur. Pihaknya berniat akan terus berpartisipasi membantu masyarakat dalam pesta rakyat setiap tahunnya.

"Kita akan terus berpartisipasi dalam iven tahunan ini. Tahun ini saja kita bisa dibilang paling banyak mensponsori jalur jalur Kuansing sampai enam jalur," tutup Miki.***