TELUKKUANTAN - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau Drs. H. Mursini, MSi memastikan bahwa seluruh program dan kegiatan RKPD 2020 harus menjawab masalah yang dihadapi masyarakat. Tentunya, mengarah pada pencapaian visi misi Kuansing 2016-2021.

Hal itu ditegaskan Mursini saat pembukaan Musrenbang RKPD Kuansing 2020 di Aula SMAN Pintar Kuansing, Rabu (20/3/2019). Musrenbang ini dihadiri oleh Forkopimda Kuansing dan Anggota DPRD Riau serta Bappeda Provinsi Riau.

"Saya akan cek satu per satu rancangan akhir RKPD ini. Pokoknya, sebelum diserahkan ke Gubernur Riau, saya bersama Pak Wabup dan Pak Sekda, akan cek satu per satu program dan kegiatan yang disusun perangkat daerah," tegas Mursini.

Dikatakan Mursini, penyusunan program dan kegiatan dilakukan berdasarkan prinsip money follow program. Artinya, penggunaan anggaran hanya digunakan untuk membiayai program prioritas yang mendukung pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan daerah.

"Jika program tidak tepat sasaran karena perencanaan yang salah, itu tidak akan dilaksanakan. Anggaran harus kita efisienkan agar tujuan dan sasaran pembangunan dapat kita capai. Efisiensi ini akan kita gunakan untuk meningkatkan belanja pelayanan dasar, dalam artian belanja yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," papar Mursini.

Dikatakan Mursini, semangat membangun Pemkab Kuansing sangat tinggi, meskipun APBD relatif kecil. Untuk itu, Mursini meminta agar Gubernur Riau lebih banyak melakukan kegiatan pembangunan di Kuansing.

"Jadi, kami sangat mengharapkan bantuan, baik melalui bantuan keuangan maupun kegiatan pembangunan Provinsi Riau yang berlokasi di Kuansing," pungkas Mursini.***