JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki bakal bertemu dengan CEO TikTok Shou Zi Chew setelah tanggal 20 bulan ini. Pertemuan ini dilakukan menyusul ditutupnya TikTok Shop pada Oktober lalu.

Sebelumnya, pertemuan itu akan dilangsungkan pada pekan pertama November. Namun, saat dikonfirmasi lebih lanjut, Teten mengatakan rencananya pertemuan tersebut dilaksanakan usai tanggal 20-an.

"Minggu depan katanya, ya setelah tanggal-tanggal 20-an lah," kata Teten saat ditemui di Senayan Park, Jakarta Selatan, Jumat (10/10/2023).

Dia bilang pertemuan tersebut belum bisa direalisasikan dengan segera. Pasalnya, dari pihak TikTok belum adanya keinginan lebih lanjut lagi.

"(Akan bertemu) minggu depan. Kan mereka yang perlu kan," imbuhnya.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Teten melaporkan bahwa Shou Zi Chew meminta untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, Jokowi justru malah meminta Teten untuk menggantikannya bertemu dengan Bos TikTok itu.

"Saya sudah dengar (mereka mau mendirikan e-commerce) dan CEO TikTok (Shou Zi Chew) sudah mengajukan bertemu dengan presiden dalam waktu dekat. Paling minggu depan, lah," ucap Teten di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

TikTok Shop resmi ditutup pada 4 Oktober, menyusul diterbitkannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dengan menetapkan batasan istilah yang digunakan dalam pengaturannya. ***