PEKANBARU - Tugu Dara Tepak Sirih yang selama ini menjadi Ikon Kota Pekanbaru, Riau akhirnya dibongkar Rabu (21/3/2018) malam tadi, demi kepentingan pembangunan flyover di Simpang SKA.

Pembongkaran tersebut dilakukan langsung oleh Dinas PUPR Provinsi Riau melalui kontraktor yang sudah ditunjuk. Sejumlah alat berat dikerahkan untuk mengangkat patung dara itu dari posisinya.

Petugas juga mengerjakannya dengan sangat hati-hati, karena fisik patung akan dipindahkan ke lokasi baru. Bagian pondasi tempat patung dara Tepak Sirih itu dibongkar menggunakan bor dan pemotong besi.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra mengungkapkan, pasca dibongkar tadi malam, Tugu Dara Tepak Sirih selanjutnya akan diletakkan di tempat baru, yakni di bundaran dekat terminal Akap.

"Desainya sudah, nanti tapaknya saja menyesuaikan, kalau fisik patung tidak. Insya Allah segera, tugunya akan segera dibangun ulang di tempat baru. Nanti tergantung kesiapan PUPR Provinsi," terangnya diwawancarai GoRiau.com.

Sementara ini, sebelum direlokasi ke tempat yang baru yakni di bundaran dekat terminal Akap, patung selamat datang Dara Tepak Sirih disimpan di gudang kontraktor pelaksana yang melakukan pembongkaran, pada malam tadi.

"Sementara ditaruh di gudang kontarktor pelaksana, karena mereka yang bongkar, dan mereka juga membangun ulang nanti," singkat Ardiansyah Eka Putra.

Selain Patung yang jadi Ikon Kota Pekanbaru tersebut, jembatan penyeberangan yang berada di Simpang SKA sebelumnya juga sudah dibongkar. Ini dilakukan karena lokasi tersebut akan dibangun flyover, yang pengerjaannya digesa tahun 2018. ***