PEKANBARU - Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Fisika Universitas Riau (Unri) membuka pameran fisika dengan 32 alat peraga pembelajaran yang berlangsung dari tanggal 14 Januari 2019 sampai 18 Januari 2019.

Pameran fisika ini terbuka untuk umum dari pagi sampai sore hari. Menurut salah satu panitia yang ada di pameran Ullya menyebutkan, tujuan dari di bukanya pameran ini adalah memberikan pengetahuan kepada siswa bahwa ilmu fisika itu asik dan bukan hanya teori yang di pelajari.  Namun juga bisa diaplikasikan dengan alat peraga seperti yang di tampilkan dalam pameran ini. 

Ia juga menambahkan bahwa dalam pameran ini ada sekitar 32 alat peraga yang merupakan hasil karya dari mahasiswa.

"Kita disini ada 32 alat peraga,  dengan beberapa nama serta prinsip kerja dan setiap peserta yang datang akan kami di jelaskan bagaimana prinsipkerja," kata Ullya di ruang Pameran Unri, Selasa (15/01/2019).

Dari 32 alat peraga, salah satu yang menarik yaitu,  simulasi tornado api dan tornado asap, karna di dalam tornado ini memberikan perinsip kerja dengan sebuah tabung yang memiliki kerapatan yang berbeda. Sehingga menunjukan kemana arah tekanan angin ketika yang membawa api dan asap dalam tabung tersebut. 

Selain tornado asap dan api,  di pameran ini masih banyak alat peraga yang di tampilkan seperti air mancur gravitasi,  pembiasan pemantulan cahaya, cermin sudut,  simulasi gelombang,  tornado air,  serta beberapa alat peraga simulasi gempa.

Munurut Aini yang merupakan salah satu siswa yang berkunjung ke pameran bahwa ia sangat senang bisa melihat langsung seperti apa alat peraga yang biasanya hanya bisa dilihat melalui gambar namun disini ia bisa mengetahui lebih jelas bagaimana gambaran serta cara kerjanya. Sehingga dapat menambah ilmu yang telah di dapat dari teori yang di pelajari. ***