TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menggelar operasi pasar murah di Lapangan Limuno Telukkuantan, Rabu (5/5/2021). Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tentunya tetap mempedomani protokol kesehatan.

"Alhamdulillah, kegiatan operasi pasar berjalan dengan lancar. Warga sangat antusias berbelanja kebutuhan pokok di sini. Ada sekitar seribuan warga yang datang," ujar Azhar, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menenngah, Perdanganan dan Perindustrian (DiskopUKM Dagrin) Kuansing.

Karena banyaknya masyarakat yang berbelanja di pasar murah ini, membuat Bulog harus pulang cepat. Sebab, sembako yang dibawa Bulog sudah habis sebelum jam 12.00 WIB. Padahal, pasar murah ini mulai dibuka pada pukul 09.00 WIB.

"Ini strategi kita untuk menekan kenaikan harga sembako di pasar tradisional. Sebab, biasanya para pedagang menaikkan harga jelang lebaran dengan spekulan sendiri, tanpa adanya penambahan modal," ujar Azhar.

Dengan adanya operasi pasar murah ini, diharapkan harga sembako di pasar tradisional tetap normal dan tidak ada lonjakan menjelang hari lebaran. "Kalau sudah begini, biasanya tidak ada lonjakan harga. Mudah-mudahan saja harga tetap normal jelang hari raya Idul Fitri 1442 H mendatang," harap Azhar.

Dalam kegiatan ini, DiskopUKM Dagrin Kuansing bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) Rengat, pengusaha telur ayam dan Indomaret Pekanbaru. Bahan pokok yang dijual mulai dari beras, minyak, telor, tepung hingga gula dan beberapa kebutuhan penting lainnya.

Keberadaan pasar murah ini diapresiasi oleh warga yang berbelanja. Seperti yang dituturkan Halimah. Ia mengaku merasa terbantu untuk membeli kebutuhan pokok di sini.

"Harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga di pasaran. Kami sangat terbantu jelang lebaran ini dan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang telah melaksanakannya," ucap wanita paroh baya itu.***