PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Pelalawan bersama Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berupaya mengembangkan salah satu objek wisata alamiah berupa gulungan ombak 'bono' pada hilir sungai Kampar. Pemkab juga telah menjadwalkan pada 20 Juni mendatang akan menggelar Sosialisasi Masterplan Bono di Hotel Pangeran Pekanbaru yang akan dibuka oleh Direktur Minat khusus Kemenparekraf RI, Akhyaruddin.

"Dalam sosialisasi tersebut, peserta yang hadir sebanyak 50 orang yang berasal dari pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten Pelalawan," kata Kadisparbudpora Pelalawan H Zulkifli,S.Ag pada wartawan, Jumat (14/6/2013).

Menurutnya, dengan adanya Masterplan Bono maka ini akan menjadi landasan Induk Kebijakan Pemerintah soal pengembangan pembangunan di lokasi Bono. "Pembangunan di kawasan Bono ini murni dari APBN yang anggarannya langsung ditangani oleh Kemenparekraf. Alhamdulillah, dengan disosialisasikannya Masterplan ini akan jelas nantinya draft-draft pembangunan yang akan dilakukan di kawasan Bono," katanya.

Tahun 2013 ini juga, sambung dia, Kemenparekraf juga akan membangun tower anjungan Bono untuk mengintai aktivitas gelombang Bono. Begitu juga pada tahun ini juga kemenparekraf akan mulai menghitung investasi dilikasi Bono seluas 600 Hektar, termasuk juga mengisi event-event tahunan yang digelar di Kawasan bono.

"Jadi nantinya dari Pusat, Provinsi dan Pelalawan saling melakukan koordinasi dan komunikasi untuk pengembangan kawasan wisata alam Bono ini," tandasnya.

Menurut jadwal sosialisasi Bono oleh Kemenparekraf belum ada perubahan dan jadwal sudah ditentukan. " Kita berharap nantinya dari Pelalawan langsung dapat dihadiri oleh Bupati Pelalawan,tokoh masyarakat dan Dinas terkait." ungkapnya.

Masterplan ini menjadi landasan bahwa Wisata alam Bono sudah sangat menasional." Kini Bono sudah dikenal secara Nasional maupun Internasional.Harapan Kita tentunya pengembangan wisata Bono menjadi wisata alam andalan Riau di Tingkat Nasional dan go Internasional," pungkasnya.(ilm)