PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM -Upaya Pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam memprosikan wisata Bono di Kecamatan Teluk Meranti telah membuahkan hasil maksimal. Hingga saat ini, sejumlah rangkaian penghargaan prestasi dan penghargaan sudah diperoleh. Misalnya, pertunjukan Bono yang berhasil menjadi juara 'runner up' di 'Gebyar Wisata Nusantara' tingkat nasional, serta banyak lagi. Hal demikian yang menjadi alasan pemerintah pusat bakal mengembangkan objek wisata ini hingga kian menawan wisatawan.

Kadisbudpora Kabupaten Pelalawan, H Zulkifli, S.Ag. Kamis (30/5/2013) mengatakan, pada tanggal 20 Juni mendatang, jika tidak halangan Kementrian Wisata ekonomi kreatif akan mensosialisasikan masterplan Bono ini. Pada sosialisasi itu nanti juga akan dilakukan pengkajian mendalam, apa-apa yang sudah tercapai oleh wisata Bono ini. "Bukan cuma itu saja, bahkan Kementrian wisata pada tahun anggaran 2013 ini akan menghitungkan investasi apa-apa saja terhadap peruntukan lahan seluas 600 hektar oleh Pemkab Pelalawan," katanya.

Artinya, lanjut dia, investasi ini sudah masuk pada anggaran Kementrian diantaranya tentang pengkajian, apa-apa saja investasi yang diperlukan terhadap lahan 600 hektar yang sudah disiapkan oleh Pemkab Pelalawan itu.

Kemudian ditahun ini juga, kata dia, Badan Penghubung Provinsi Riau di Jakarta akan mengundang Pemkab Pelalawan untuk mempresenntasikan Ombak Bono di 25 perwakilan provinsi yang ada di Jakarta.

"Puncak festival Bakudo Bono semula dijawalkan pada bulan September (2013) tapi untuk tahun ini diundur menjadi bulan November. Pada puncak ini, para selancar manca negara sudah siap mememeriahkan festival ini dengan kelihaian mereka berselancar," pungkasnya.(ilm)