JAKARTA - Keinginan agar pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta Palembang bergaung ke seluruh negara Asia dan dunia, mendorong Dewan Olimpiade Asia (OCA) menggelar 18th Asian Games Fun Run Series yang berlangsung di 28 negara-negara Asia.

Sejak bergulir pertama kali pada 10 Desember 2017 di Pakistan, OCA 18th Asian Games Fun Run sudah melintasi 13 negara dan pekan ini memasuki kawasan Asia Tenggara.

Kegiatan terdekat OCA 18th Asian Games Fun Run akan berlangsung, Minggu, 4 Maret di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Malaysia. Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) menyambut baik kegiatan yang bertujuan meningkatkan awareness di seluruh masyarakat Asia terhadap penyelenggaraan yang akan dihelat lima bulan mendatang. Terlebih kegiatan ini merupakan bagian dari OCA social sports development and promotion program yang intensif dilakukan di 45 NOC.

"Kami mengapresiasi langkah dari Presiden OCA, Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah yang mendorong agar kegiatan OCA 18th Asian Games Fun Run menjadi bagian penting untuk mempromosikan pesta olahraga bangsa Asia ke seluruh negara-negara Asia. Terutama terhadap generasi muda di setiap negara.

INASGOC dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan hadir di setiap perhelatan itu untuk memperlihatkan perhatian dan dukungan terhadap setiap kegiatan untuk menyemarakkan Asian Games 2018," ucap Ketua INASGOC, Erick Thohir.

Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 berkepentingan besar terhadap OCA 18th Asian Games Fun Run yang menyasarkan generasi muda agar mengetahui lebih jauh dan juga terlibat aktif di Asian Games 2018. Saat digelar di beberapa negera, seperti Pakistan, Bangladesh, dan Sri Lanka, tak kurang dari 700 anak-anak sekolah mengikuti kegiatan ini. Mereka berlari bersama dengan sekitar 3.000 peserta yang mengikuti lomba.

"Kegiatan 18th Asian Games Fun Run bukan merupakan kompetisi. Ini tak ubahnya kegiatan sosial, atau seperti care free day, untuk memeriahkan Asian Games. Setelah Malaysia, kegiatan itu akan berlanjut di 15 negara lain dan berakhir di India, pada 15 Juli. Direncanakan, pada 18 Juli akan dilakukan pengambilan api abadi Asian Games di India dan dilanjutkan dengan torch relay di beberapa kota di Indonesia," lanjut Erick.

Wissam Trkmani- Special Officer for OCA President yang juga menghadiri acara ini mengatakan, “Fun Run adalah tradisi untuk mempromosikan AsianGames. Mengingatkan kita terhadap Event Olahraga Terbesar Bangsa Asia. Sekaligus menjadi ikatan antar atlet dan masyarakat. Setiap NOC menyelenggarakan Fun Run di negara masing2 dengan keunikan, berbeda dan penuh warna. Karena itulah yg menciptakan Energy of Asia”. 

YAM Tunku Tan Sri Imran- President of NOC Malaysia menambahkan “Fun Run akan diikuti lebih dari 1500 peserta yang akan memberikan big awareness terhadap AsianGames2018 di Malaysia, khususnya Kuala Lumpur”.

Hellen Sarita de Lima, perwakilan dari KOI yang menghadiri acara ini menyampaikan, "Terima kasih buat Komite Olimpiade Malaysia yang melaksanakan Fun Run untuk mempromosikan AsianGames 2018. Pemerintah Indonesia Ingin membuat Asian Games menjadi milik masyarakat sebagaimana rangkaian Fun Run di beberapa Negara Asia. Indonesia mengundang anak-anak muda Malaysia untuk datang menjadi Volunteer dam menonton Asian Games," tandasnya.

Sebelumnya, OCA 18th Asian Games Fun Run berlangsung di Anuradapura, Sri Lanka pada 2 Maret. Setelah Malaysia yang mengagendakan lomba sejauh 5 km dan 10 km itu, OCA 18th Asian Games Fun Run akan berlangsung di Bac Ninh, Vietnam pada 11 Maret, Saudi Arabia (15/3), Macau, China (25/3), Nepal, (10/April), Oman (14-15/4), Kazakstan (22/4), Tajikistan (25/4), Mongolia (14/Mei), China (18/5), Jepang (20/5), Thailand (17/Juni), Iran (21/6), Korea (23/6), dan Timor Leste (13 Juli). ***