JAKARTA - Pemilihan ketua dan wakil ketua MPR akan digelar malam nanti. Sejumlah nama akan memperebutkan posisi ketua antara lain politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo alias Bamsoet, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Fadel Muhammad mewakili unsur DPD RI.

Ketua Fraksi Partai Nasdem di MPR Johnny Gerard Plate mengatakan dari sisi realita politik, Bamsoet sudah unggul di dalam hal jumlah dukungan. Dia menegaskan, hampir semua fraksi di MPR sudah mendukung Bamsoet.

"Jadi secara realistis dukungan itu sudah lebih dari 50 persen ya baik dari Golkar, Nasdem, PDIP, PKB, PPP dan rekan lainnya Demokrat, PKS itu sudah sangat solid mendukung," kata Johnny di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).

Sekjen Partai Nasdem itu yakin pula bahwa semangat DPD maupun Partai Gerindra sama-sama mementingkan semangat musyawarah mufakat. "Kami yakin juga kami punya sahabat di DPD ya, dan Gerindra sendiri mempunyai semangat agar MPR bisa mewujudkan kalau itu lembaga permusyarawatan dan pemufakatan," ujar Johnny.

Karena itu, anak buah Surya Paloh di Partai Nasdem itu meyakini bahwa Bamsoet akan terpilih aklamasi menjadi ketua MPR.

Menurut Johnny, apabila proses pengambilan keputusan ketua MPR dilakukan melalui voting, maka itu akan mencederai semangat dasar musyawarah dalam revisi UU MD3 yang melebarkan unsur pimpinan dari lima menjadi 10 orang.

"Kalau melalui voting maka sangat mencederai semangat dasar itu dan ini adalah ujian pertama MPR untuk lima tahun ke depan," ungkapnya.***