TRENGGALEK - Doding Rahmadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, termasuk dalam daftar penerima bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Dikutip dari Okezone.com, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengaku kaget mengetahui namanya masuk dalam daftar penerima Bansos senilai Rp600 ribu per bulan itu.

Doding terdaftar sebagai warga di RT 01 RW 01 Desa Karangan, Kecamatan Karangan, Trenggalek.

Doding menuturkan, Ia mengetahui menjadi penerima Bansos jaringan pengaman sosial akibat pandemi Covid-19 itu setelah ditelepon Kepala Desa Karangan. 

''Saya pribadi kaget kok bisa masuk. Tapi karena masih tahap verifikasi, saya minta nama saya dihapus. Masih banyak yang lebih membutuhkan,'' ungkapnya saat dikonfirmasi, pada Selasa (12/5/2020).

Ia telah meminta pihak desa - desa di Kabupaten Trenggalek untuk berhati-hati dan teliti saat melakukan verifikasi data penerima bantuan, supaya benar-benar tepat sasaran kepada orang yang membutuhkan.

''Saya minta pemerintah daerah dan pemerintah desa benar-benar melakukan verifikasi agar bantuan - bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran pada orang yang membutuhkan,'' tuturnya.

Doding mengakui bila dua tahun lalu belum mempunyai rumah sendiri, namun telah memiliki Kartu Keluarga (KK) sendiri. Doding menduga bila data penerima bantuan tersebut berpatokan pada data lama dan terdiri dari beberapa faktor.

''Mungkin karena dalam KK hanya saya sendiri dan saat survei itu saya belum punya rumah, sehingga masuk dalam kriteria itu. Tapi faktanya sekarang kan berubah, saya sudah berkeluarga, dan juga sudah punya rumah,'' ujarnya. ***