TEMBILAHAN-Dalam rangka memperingatan Milad ke-5454 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), masyarakat disuguhi dengan kemeriahan melalui beragam perlombaan permainan rakyat. Begitu pula, Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (Perkim) Inhil yang menyajikan perlombaan permainan rakyat seperti tarik tambang, gasing dan menyolak kelapa.

Aneka perlombaan tersebut diselenggarakan di lapangan Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Kabupaten Inhil, Jalan Prof M Yamin, Tembilahan, Sabtu (15/6/2019).

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Kabupaten Inhil, Tengku Edi Efriza MP mengatakan, permainan rakyat bersempena Milad ke-54 Inhil ini diikuti oleh beberapa utusan dari kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Inhil.

"Cukup ramai yang berpartisipasi, tentunya ini akan menambah semarak perlombaan dalam rangka Milad ke-54 Inhil," ujarnya.

Ads
T Edy menuturkan, tidak hanya untuk menyemarakkan Milad Inhil, perlombaan permainan rakyat yang digelar oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman ini juga bertujuan untuk menjalin silahturrahmi antar sesama masyarakat.

"Mudah mudahan dengan acara perlombaan ini dapat memupuk tali silaturahmi antara masyarakat dan instansi pemerintahan," jelas Tengku.

Sementara, pihak panitia penyelenggara, Yusnaldi menjelaskan, pemainan rakyat ini selain diikuti dinas dan instansi, juga diikuti oleh masyarakat dari Kecamatan Tempuling, Batangtuaka, Gaung, GAS dan Kecamatan Terdekat yakni​ Kecamatan Tembilahan Hulu dan Tembilahan Kota.

"Kita melaksanakan perlombaan tradisional ini, dimulai pada tanggal 15-16 Juni 2019, untuk gasing itu 2 hari baru selesai Peserta terdiri dari masayarakat Umum dan instansi pemerintah," tutur Yusnaldi.

Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, RM Sudinoto memandang, gelaran perlombaan dalam rangka Milad ke-54, akan lebih bermanfaat untuk menumbuhkan rasa memiliki terhadap daerah.

"Dalam rangka memeriahkan Milad ke-54 Inhil, seperti biasa kita mengadakan pesta rakyat, baik berupa acara maupun lomba agar masyarakat merasa memiliki Inhil, tidak hanya memandang Inhil dimiliki oleh pemerintah semata," kata Sudinoto.

Sudinoto menilai, peringatan Milad ke-54 Kabupaten Inhil Tahun 2019 tergolong sukses. Menurutnya, hal tersebut dapat dilihat melalui tingkat partisipasi masyarakat dalam setiap rangkaian kegiatan yang diselenggarakan.

"Alhamdulillah, Milad ke-54 ini berjalan dengan baik. Selain kegiatan perlombaan, juga ada kegiatan sosial lainnya," ungkapnya.

Sebagai koordinator Milad ke-54 Kabupaten Inhil, Sudinoto berharap, ke depan penyelenggaraan acara peringatan Milad dapat berjalan maksimal, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dengan terlibat langsung dalam kepanitiaan.

"Kalau bisa, kedepan panitia penyelenggara perlombaan dilaksanakan oleh masyarakat sesuai dengan kondisi dari segi finansial dan sosial masyarakat," harap Sudinoto.(***)