TELUKKUANTAN - Kecelakaan kerja yang menewaskan karyawan kembali terjadi di Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Kali ini, kecelakaan kerja terjadi pabrik karet PT Andalas Agro Lestari (AAL) yang terletak di Logas Hilir Kecamatan Singingi, Kamis (27/7/2017).

Adalah Erwinsyah Ritongga (44), selaku Kepala Listrik PT AAL yang tinggal di komplek asrama perusahaan tersebut, meninggal dunia setelah berupaya memadamkan api.

Peristiwa nahas tersebut terjadi ketika mesin press karet mengalami kebakaran sekitar pukul 08.15 Wib. Korban yang mendapat laporan tersebut langsung mengambil racun api dan berusaha memadamkan api.

Ternyata, api tak kunjung padam dan Erwin meminta karyawan lain untuk mengambil seluruh racun api dan melanjutkan pemadaman. Setengah jam berlalu, api tak kunjung padam. Erwin pun menginstruksikan agar pemadaman dilakukan dengan air. Ia pun berdiri di atas panel mesin tersebut bersama Sunaryo dan Seprtiono.

Setelah lebih satu jam memadamkan api, Erwin mengaku lemas dan rasa akan pingsan. Hal itu ia ungkapkan kepada kawannya. Lalu, Sunaryo dan Septiono membawanya turun dan dibawa ke Puskesmas Muara Lembu.

Setelah dilakukan pertolongan oleh pihak Puskesmas, korban sudah tidak tertolong lagi.

Terkait peristiwa ini, Kapolres Kuansing AKBP Dasuki Herlambang, SIk, MH melalui Kasubag Humas AKP G Lumban Toruan menyatakan korban dalam keadaan lemas saat dibawa ke Puskesmas.

"Saat ini, kita mendunga klep penutup pompa rusak dan suhu pipa heat essenjer terlalu panas sehingga timbulkan api," ujar Lumban.

"Kalau untuk penyebab lain, apakah ada indikasi kelalaian sehingga hilangnya nyawa korban, masih dalam penyelidikan," tambah Lumban.***