SIAK SRI INDRAPURA- Forikan Kabupaten Siak bekerja sama dengan Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak, menggelar Lomba Masak berbahan dasar serba ikan tingkat Kabupaten Siak yang bertemakan 'Dengan Gemar Makan Ikan Kita Tingkatkan Kesejahteraan dan Kecerdasan Masyarakat Kabupaten Siak'.

Acara yang berlangsung di Balairung Datuk Empat Suku komplek Abdi Praja, Kamis (27/07/2017) dihadiri Kepala Bidang P2PH Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Eliza Soraya sebagai juri bersama dengan anggota Forikan dalam perlombaan itu.

Ketua Forikan Kabupaten Siak Ny. Rasidah Alfedri dalam sambutannya mengatakan, ini merupakan lanjutan dari kegiatan sosialisasi yang sudah terlaksana pada 20 juli 2017 lalu.

"Kegiatan ini sebenarnnya merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah kami laksanakan pada hari kamis tanggal 20 juli 2017, yakni sosialisasi gerakan gemar makan ikan bertema memasak dan menyimpan ikan secara Higienis dan bersih. Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun, minimal dalam satu tahun kami melaksanakan kegiatan oleh dinas perikanan kelautan kab.siak dua kali yaitu pertama sosialisasi kemudian melaksankan lomba masak" sebutnya.

Dalam kegiatan ini lanjut Rasidah, tidak hanya mencari pemenang, melainkan untuk berbagi pengalaman serta memotivasi masyarakat untuk dapat berinovasi menciptakan masakan masakan baru dari bahan ikan.

"Kita melaksankan lomba ini tentu tidak hanya mencari pemenang saja, tetapi yang lebih penting adalah untuk saling bektukar pikiran, pengalaman dan resep dari 14 kecamatan ini. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini juga lebih momotivasi ibuk-ibuk untuk berinovasi menciptakan makanan baru yang khususnya kita gunakan untuk menu keluarga, sehingga kita berharap nantiknya keluarga kita yang gemar komsumsi ikan kab.siak ini meningkat" ungkapnya.

Selanjutnya, Ibu cantik yang dikenal ramah dengan masyarakat ini mengharapkan kegiatan lomba memasak bahan serba ikan ini dapat terus terlaksana secara berjenjang, di mulai dari desa, kecamatan, hingga kabupaten.

Sehingga yang di tunjuk dari kabupaten nanti benar - benar yang sudah menang untuk dibawa ke tingkat provinsi. Dan harapannya juga adanya peningkatan prestasi kab siak dalam perlombaan di tingkat provinsi nanti untuk mengharumkan nama kota istana tercinta.

Sementara itu ucapan terimakasih disampaikan Kabid P2PH Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Eliza Soraya dalam sambutannya, dimana menjadi suatu kehormatan baginya telah diundang dalam acara itu.

"Terimakasih Kabupaten Siak telah mengundang kami hadir disini ikut serta memeriahkan perlombaan masak serba ikan di Siak ini. Mudah-mudahan dengan hadirnya kami, kita sama-sama dapat memotivasi ibuk-ibuk di Siak untuk mengolah ikan dengan baik. Dimana itu untuk keluarga kita bahkan juga perekonomian kita. Ikan sangat baik san bermanfaat untuk keluarga dan kecerdasan anak," ujarnya.

Selanjutnya Eliza menyerukan kepada pemenang lomba tingkat kabupaten ini nantinya juga dapat memenangkan lomba di tingkat provinsi, sehingga siak dapat kembali unjuk gigi dalam perlombaan tingkat nasional. Tentunya suatu keberhasilan itu dapat tercapai dengan tekat serta kekompakan yang selalu terjaga.

Para peserta yang berasal dari 14 kecamatan se kabupaten Siak menyajikan menu yang sudah ditetapkan. Dengan kreatifitas dari masing-masing peserta mengolah menu makanan yang sangat menarik dan bervariasi.

Akhirnya setelah melakukan penilaian, tim juri memutuskan pemenang lomba masak berbahan dasar ikan. Pemenang dibagi tiga kategori, Kategori Balita Juara I Kecamatan Siak, Juara II Kecamatan Dayun, dan Juara III Kecamatan Minas.

Untuk kategori Kudapan juaran I diraih Kecamatan Tualang, Juara II dari Kecataman Siak dan Juara III dari Kecamatan Kandis. Sementara untuk kategori Keluarga Juara I dari Kecamatan Siak, Juara II dari Kecamatan Tualang, dan Juara III dari Kecamatan Minas.

Hadiah berbentuk tropi dan uang pembinaan, untuk juara I sebesar Rp. 2.500.000, juara II Rp. 2.000.000, dan juara III Rp. 1.500.000,-.***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28082017/2jpg-6244.jpgNy Rasidah Alfedri dan pengurus lainnya meninjau stand menu makanan berbahan ikan

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28082017/3jpg-6243.jpgPemenang lomba forikan Kabupaten Siak 2017

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28082017/4jpg-6242.jpgNy Rasisah Alfedri menyerahjan hadiah kepada juara lomba memasak bahan ikan

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28082017/5jpg-6241.jpgKetua Forikan Kabupaten Siak Ny. Rasidah Alfedri menyampaikan sambutan

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28082017/6jpg-6240.jpgPeserta sosialisasi gemar makan ikan

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28082017/7jpg-6239.jpg

Foto bersama panitia acara sosialisasi gemar makan ikan Kabupaten Siak.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28082017/8jpg-6238.jpgNarasumber dari provinsi sampaikan pentingnya gizi pada ikan bagi anak.