PEKANBARU – Setelah dua tahun ditiadakan akibat adanya pandemi COVID-19 yang melanda berbagai negara termasuk Indonesia dan Provinsi Riau khususnya, akhirnya Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Riau kembali digelar.

Antusias masyarakat sangat luar biasa menghadiri pembukaan MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau tahun 2022 di Rokan Hilir (Rohil) yang dibuka langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Kegiatan yang diselenggarakan di Taman Budaya Rohil ini dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai kabupaten/kota se Provinsi Riau, sehingga menambah meriahnya acara pembukaan tersebut.

Selain itu, sebagai bentuk dimulainya kegiatan MTQ tersebut, dilakukan penekanan sirine dan pemukulan bedug oleh Gubernur Riau, Forkopimda Riau, Bupati Rohil, serta tamu undangan lainnya.

Gubri Syamsuar menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada Kabupaten Rohil serta seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan MTQ tahun ini yang telah dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan hikmat dan cukup meriah.

Ia berharap mudah-mudahan melalui MTQ ini dapat membawa manfaat dan mampu meningkatkan motivasi bagi pemerintah dan masyarakat untuk membangun Kabupaten Rokan Hilir ke arah yang lebih religius dan senang membaca Al-Quran setiap hari dan senang mempelajari isi kandungan Al-Quran, serta meningkatkan jumlah anak-anak penghafal Al-Quran.

"Mari kita syiarkan Al-Quran di Bumi Melayu ini, semoga negeri kita ini senantiasa diberkahi oleh Allah dan dijauhkan dari segala bala dan musibah," ucapnya, Minggu (24/7/2022) malam.

Mengakhiri sambutannya, Gubri mengucapkan selamat ber musabaqah kepada para peserta. Ia mengharap para peserta MTQ dapat memberikan usaha dan penampilan yang terbaik, berlomba-lomba dalam kebaikan termasuk berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik didalam event MTQ tahun ini.

"Semoga MTQ ini berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan harapan kita semua. Mudah-mudahan dengan kesuksesan penyelenggaraan MTQ di Kabupaten Rokan Hilir ini mampu menjadi sumber energi dan motivasi bagi masyarakat muslim secara umum dan khususnya generasi muda untuk semakin giat mengaplikasikan nilai-nilai luhur Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari," tutupnya.***