BANDUNG - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memuji suporter Persib Bandung yakni bobotoh sebagai kelompok suporter yang selalu memberi inspirasi bagi Indonesia. Zulkifli mengaku selalu mengikuti pemberitaan tentang beberapa aktivitas Bobotoh yang bernilai positif.

Baru-baru ini yang begitu membuat Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini terkesan adalah inisiatif bobotoh menggalang dana bantuan untuk umat Muslim Rohinya dan aksi mendapaikan antar suporter klub sepak bola di Indonesia.

"Bobotoh itu menginspirasi kita. Kemarin lewat aksi save Rohingya. Mereka aksi gerakan damai dengan suporter klub Indonesia yang lain," kata Zulkifli usai menghadiri acara penyerahan bantuan dari Bobotoh untuk umat Muslim Rohingnya melalui Rumah Zakat di Bandung, Rabu (11/10).

Selain itu, Zulkifli juga merasa dekat dengan Bobotoh karena ia juga menggemari Maung Bandung. Zul mengatakan dirinya cukup sering datang ke Bandung untuk menonton sepak bola dan bertemu dengan penggemar sepak bola di kota Kembang.

Upaya penggalangan dana untuk Rohingya yang dilakukan Bobotoh ini menurut Zulkifli punya nilai tinggi. Bekas Menteri Kehutanan di Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu mengatakan jiwa bobotoh sangat Pancasilais.

"Mereka (Bobotoh) inilah salah satu contoh Pancasilais. Ini harus ditiru oleh generasi muda Indonesia," ujar Zulkifli.***