JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyambut baik hadirnya media TribunPapua.com yang secara resmi dilaunching pada hari ini, Jumat (18/6) siang.

"Tentu pemerintah sangat menyambut baik upaya dari Tribun Network yang pada hari ini sudah meresmikan kehadirannya di Tanah Papua. Dan saya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga sangat menyambut baik dan apresiasi," kata Menpora Amali yang menjadi keynote speaker pada acara Launching TribunPapua.com dan Webinar "Kesiapan dan Manfaat PON XX 2021 di Papua" ini.

Menpora Amali pun mengungkapkan sejumlah alasan dirinya menyambut baik kehadiran media tersebut, pertama karena Papua adalah tempat lahir dan munculnya para talenta-talenta olahraga berptestasi. Bahkan, saat ini mereka mengisi tim nasional (timnas) di berbagai cabang olahraga.

"Tentu kehadiran Tribun di Papua juga bisa membantu kami untuk menginformasikan tentang bibit dan talenta-talenta yang ada di Papua," harap Menpora Amali.

Meskipun pihaknya sudah bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia dengan memanfaatkan big data analytics, namun pasti ada talenta-telanta yang tidak ketahuan keberadaannya. Apalagi yang berada di kampung-kampung atau pelosok.

"Kalau kehadiran media semacam ini ada, maka pasti itu terblow up. Pasti ada hal-hal yang bisa ditemukan para wartawan," ungkapnya.

Selain itu, kehadiran media juga sangat penting untuk menginformasikan potensi-potensi yang ada di daerah. "Banyak potensi-potensi daerah kita yang tidak terungkap ke permukaan, karena tidak ada pemberitaan, tidak ada informasi tentang potensi-potensi daerah. Papua ini luar biasa," katanya.

Sementara itu, terkait multi event olahraga nasional Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan digelar di Papua Oktober nanti, Menpora Amali meminta kepada Tribun Network untuk menginformasikan kepada publik.

"Karena masih banyak yang bertanya jadikah? atau ditunda lagi dan sebagainya. Saya kira komitmen Pak Presiden, Pak Joko Widodo yang disampaikan pada saat rapat cabinet terbatas 15 Maret lalu bahwa PON tetap akan dimulai pada tanggal 2-15 Oktober 2021. 33 kontingen dari 33 Provinsi yang ada Indonesia sudah menyatakan kesiapan untuk mengikuti PON XX di Papua," pungkasnya.

Dengan demikian, Menpora meminta Tribun Network meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa Papua mampu dan siap untuk menjadi tuan rumah PON 2020.“Kedua teman-teman harus bisa menginformaiskan bahwa Papua aman untuk didatangi. Dan itu kekhawatiran-kekhawatiran orang,” harapnya.

"Selamat semoga makin suskes, makin berkembang Tribun Network dan kehadirannya di Papua makin mempererat tali persaudaraan kita,' tutupnya.

Hadir dalam secara virtual dalam acara ini Gubernur Papua, Lukas Enembe, Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (KabaIntelkam) Polri, Komjen Pol Paulus Waterpau, Ketua Harian PB PON XX Papua, Yunus Wonda, Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dan lainnya.***