JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan terima kasih atas kerja keras Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodam I Bukit Barisan saat memberikan pengarahan kepada sedikitnya 2.000 anggota Babinsa di Medan, Sumatra Utara, Jumat (27/1/2023)

Menhan mengingatkan bahwa Babinsa berperan sebagai ujung tombak Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (Sishankamrata), demikian seturut keterangan pers yang diterima di Jakarta. "Saya segera bergerak turun ke Komando Teritorial. Kalian adalah ujung tombak. Saya datang untuk mengucapkan terima kasih atas dedikasi kalian semua," kata Prabowo.

Menhan juga menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan tahun 2023 ini akan penuh tantangan sehingga para Babinsa diminta untuk terus waspada dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Para Babinsa yang telah bertugas cukup lama di wilayah masing-masing, lanjut Prabowo, pasti sangat mengenal tokoh-tokoh berpengaruh sehingga dapat cepat memahami perkembangan situasi di lapangan. "Oleh karena itu, perintah Presiden waspada, jaga ketenangan, tegakkan jiwa persatuan," ujarnya.

Menhan menegaskan dirinya terus bekerja keras agar para prajurit TNI terdepan memiliki peralatan terbaik dan mendapatkan dukungan terbaik. "Kita sekarang kerja keras supaya mereka berhasil. Terima kasih dedikasimu, kerja kerasmu. Jaga rakyat kita dengan sebaik-baiknya," kata Prabowo.

Dalam sesi tanya jawab, para Babinsa pun mengucapkan terima kasih kepada Menhan Prabowo. "Saya hanya mengungkapkan isi hati saya, semenjak Bapak Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan, banyak kemajuan-kemajuan yang terjadi di TNI," ungkap Serma Erwin Syahputra yang berdinas di Langkat.

Dalam acara tersebut, Menhan juga secara simbolis menyerahkan 100 unit sepeda motor kepada Babinsa Kodam I Bukit Barisan. Turut hadir dalam kesempatan itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumatera Utara Irjen Polisi R.Z. Panca Putra Simanjuntak, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan jajaran petinggi Kodam I Bukit Barisan.***