HARI SENIN (02/05/2022) bertepatan dengan satu syawal 1443 Hijriah merupakan hari yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh wilayah dunia. Hari dimana umat beragama islam merayakan hari kemenangan setelah satu bulan lamanya berpuasa.

Genap hampir 2 tahun, masyarakat Riau beribadah salat ied dalam dekapan pandemi Covid-19, beribadah secara mandiri bersama keluarga inti di rumah masing-masing.

Tahun ini, Pemerintah melonggarkan peraturan dan memperbolehkan umat muslim melaksanakan salat berjamaah di tempat umum. Sebagai antisipasi antusiasnya masyarakat di Riau Pemerintah melaksanakan salaat ied di dua tempat sekaligus, Masjid Raya Annur dan Lapangan Kantor Gubernur Riau.

Ada yang menarik perhatian saat pelaksanaan salat ied di kawasan Masjid Raya Annur. Yang mana, antusias masyarakat dalam menghadiri salat ied turut disambut baik oleh pengurus Gereja HKBP Pekanbaru dengan menyediakan tempat parkir untuk kendaraan umat muslim yang hendak beribadah di Masjid Raya Annur.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar yang dijumpai usai salat ied mengungkapkan, toleransi di Riau sudah terbangun sejak dahulu, hidup rukun dan damai selalu terjaga di Bumi Melayu Lancang Kuning.

"Alhamdulillah suasana kondusif di Riau dari dahulu selalu terjaga, kemajemukan suku dan agama menjadikan Riau lebih indah dan berwarna. Suasana kondusif seperti ini juga yang diinginkan oleh para calon investor," ucap Syamsuar.

Lebih lanjut Gubri mengapresiasi rukunnya umat antar agama, dan berpesan agar terus memupuk rasa persaudaraan.

"Tadi sangat indah, ketika umat muslim melaksanakan ibadah salat ied di Masjid Raya Annur, Umat Kristiani menyediakan tempat parkir di halaman Gerejanya. Ini merupakan simbol bahwasanya kehidupan toleransi antar agama di Riau sangat rukun satu antar lain," tutup Gubri yang selalu menyampaikan akan pentingnya menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama di kehidupan sehari-hari. ***