PEKANBARU - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mendarat di VIP Lancang Kuning, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Selasa (29/8/2017) malam.

Ia disambut langsung oleh Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman beserta jajaran sekitar pukul 20.53 WIB, Selasa malam. Ignasius pun tampak diarahkan beristirahat sejenak di ruang VIP sebelum menemui sejumlah awak media.

Gubri, H Arsyadjuliandi Rachman sebelumnya mengatajan, bahwa kedatangan Menteri ESDM ke Riau ini untuk membahas potensi energi di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Informasi yang kita dapat baru ‎sepotong-potong. Kabarnya masalah energi di Pulau Rupat. Nanti malam kita lihat apa topik kedatangan beliau," kata Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Selasa siang.

Untuk diketahui, ada beberapa potensi besar yang ada di Pulau Rupat, diantaranya Pulau Rupat bagian utara memiliki kandungan pasir silika tertinggi di Dunia yaitu di atas 95 persen dan digunakan dalam industri semen, gelas, semi-konduktor hingga kosmetik.

Kemudian, di Pantai Beting Aceh Pulau Rupat menyimpan timah yang bisa dikelola menjadi bahan bakar berbasis Thorium (Th). 

Bahkan, Thorium yang ada di Pulau Rupat tersebut alurnya sampai ke Bangka Belitung. Makanya, pemerintah pusat mencanangkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Bangka Belitung. (adv)