PEKANBARU - Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan (Zulhas) melakukan kunjungan ke Pasar Cik Puan, di Jalan Tuanku Tambusai dalam salah satu agenda kunjungannya ke Kota Pekanbaru, pada Senin (26/9/2022). Kunjungan ini untuk memastikan apakah harga sembako di Kota Pekanbaru stabil atau tidak.

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mendampingi langsung saat Mendag Zulhas melakukan peninjauan harga pasar. Ia mengaku senang dengan kunjungan menteri tersebut, karena dapat menyampaikan aspirasi langsung mengenai pembangunan Pasar Cik Puan yang saat ini sedang dalam proses. 

GoRiau

"Kita mendapatkan kunjungan dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Mendag ingin melihat harga bahan pokok yang ada di pasar tradisional kita, dan Alhamdulillah, saat ini harga bahan pokok sudah stabil," ujarnya.

Ia juga mengatakan, Pemko Pekanbaru akan membutuhkan bantuan dari APBN untuk membangun Pasar Cik Puan. Anggaran yang diperlukan untuk pembangunan itu diperkirakan mencapai Rp80 miliar. 

GoRiau

"Kami tak mampu membangun melalui APBD. Tapi kami coba minta bantuan dari APBN melalui Kementerian Perdagangan. Pembangunan pasar ini bisa mencapai Rp80 miliar," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, hampir semua bahan pokok stabil, terutama bawang merah. Cabai merah Bukittinggi sudah turun jauh, sekitar Rp55.000 per kg. Sedangkan cabai merah Jawa Rp50.000 per kg.  Sebelumnya, bahan pokok tersebut mencapai lebih dari 100 ribu per Kg. 

GoRiau

"Tapi, kami berharap turun lagi. Sebaliknya, harga beras premium naik secara nasional," jelasnya. 

Disperindag Pekanbaru sudah melakukan operasi pasar melalui Bulog dengan program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSA). Karena, kenaikan harga beras ini menjadi atensi Pj wali kota. 

"Beberapa pekan lalu, Pj wali kota membaca pemberitaan soal kenaikan harga beras. Pj wali kota langsung berkoordinasi dengan Bulog. Kalau memang beras premium memberatkan, ada alternatif beras lain yang disiapkan," jelas Ingot.

Sementara itu, Mendag Zulhas menyampaikan bahwa harga kebutuhan pokok di Pekanbaru sudah stabil. Ia pun mengapresiasi usaha Pemko Pekanbaru.

"Pagi ini saya lihat ibu-ibu banyak belanja cabai, lauk-pauk dan minyak goreng. Harga cabai sudah jauh turun. Harga ayam, bawang merah, dan minyak goreng juga turun banyak. Sementara beras harganya juga stabil," tegasnya saat itu.

Stabilnya harga bahan pokok di Pekanbaru kata Zulhas, tidak luput dari hasil kerja keras pemerintah daerah.

"Jadi menurut hemat saya, apa yang sudah dikerjakan pak Pj Wali Kota Muflihun dalam usahanya menjaga kesetabilan harga bahan pokok di Pekanbaru cukup berhasil. Dan saya berharap agar capaian ini tetap dijaga dan jika perlu ditingkatkan lagi," tandasnya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga mengklaim telah menstabilkan harga bahan pokok, seperti minyak goreng hingga bawang merah dalam 100 hari kinerjanya.

"Stabilisasi harga dan bahan pokok, waktu saya hari pertama jadi Mendag itu minyak goreng terkendali," pungkasnya. (advertorial)