PANGKALANKERINCI - Memasuki bulan September, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Triwulan III untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Pelalawan, belum juga cair.

Manager BOS Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pelalawan, Mahnizar, Senin (3/9/2018) mengatakan, belum cairnya dana operasional pendidikan terkait validasi data.

"Iya, sampai sekarang belum cair. Mungkin karena soal validasi data di provins saja," jelasnya, kepada GoRiau.

Saat ini, diungkapkan Mahnizar, pihak sekolah baik SD maupuan SMP di Pelalawan terpaksa berhutang agar kegiatan sekolah tetap bisa berjalan.

"Agar operasional tetap jalan, mereka terpaksa mengutang. Kalau sudah cair baru ditutup," tandasnya.

Menurut Mahnizar, dalam hal ini pihaknya hanya sebatas melakukan pendataan dan proses verifikasi. "Untuk pencairannya, dari provinsi ditransfer ke Kasda, selanjutnya ditransfer ke rekening sekolah masing-masing," paparnya.

Lebih lanjut ia merincikan, dana BOS periode bulan Juli sampai dengan September tahun 2018 untuk sekolah di Kabupaten Pelalawan sebesar Rp 11.287.160.000.

"Dengan uraian, dana BOS yang diperuntukkan untuk SD sebesar Rp 8.186.560.000 dan SMP sebesar Rp 3.100.600.000," urainya. ***