SELATPANJANG - Masyarakat Desa Tenan dan Batang Malas, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti, Riau memperbaiki jalan rusak dari hasil swadaya atau dikerjakan sendiri oleh masyarakat setempat.

Sebagaimana diungkapkan koordinator lapangan, Moh. Ngadnan bahwa aksi sosial tersebut murni inisiatif warga setempat. Pasalnya, kerusakan jalan terus bertambah parah. Selama ini, belum ada tanda-tanda jalan tersebut akan diperbaiki oleh pemerintah.

Masyarakat perbaiki jalan rusak Desa Tenan dan Batang Malas. (video: gunawan).

"Iya ini inisiatif kami, jalan yang rusak ini sempat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Kebanyakan korban pengendara motor," ujar pria yang biasa dikenal Denan, Jumat (5/2/2021) siang.

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Adi berharap pemerintah bisa segera melakukan perbaikan, mengingat masih banyak ruas jalan yang rusak.

"Sebelumnya, ada pengendara roda dua yang terperosok sampai jatuh," ungkapnya.

Hal yang sama juga diharapkan Kades Batang Malas, Abdul Azis, meski telah diperbaiki secara swadaya (jalan yang rusak ditambal), ia tetap berharap pemerintah segera turun tangan untuk mengatasi jalan rusak tersebut.

"Sebab masih banyak jalan yang berlubang. Bahkan, ada yang lubangnya cukup dalam," bebernya.

Perbaikan jalan secara swadaya dengan dana bantuan dari dua pengusaha sagu dan satu pengusaha sarang walet di wilayah setempat itu juga diikuti Babinsa Tenan dan Batang Malas, Serda Turyoko dan Babinkamtibmas, A Kamil, dari pihak Desa Batang Malas, Dusun II, Baharudin dan Abdul Gofir. Kemudian pihak Desa dari Desa Tenan, Dusun II Sukajadi, Fakhtul Muin, Supadi, selanjutnya Ketua RT setempat, Wartoyo dan Asmui.***