SELATPANJANG - Sebanyak 5 (lima) orang warga di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau menyatakan masuk islam setelah resmi mengucapkan dua kalimat syahadat usai pelaksanaan Shalat Jumat.

Pengucapan kalimat syahadat kelima orang tersebut dituntun langsung oleh Ustadz H Ahmad Fauzi SAg yang disaksikan H Subarno dan H Abdul Rahman serta para jamaah masjid, bertempat di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Jumat (3/4/2020).

Sebelum menuntun pengucapan kalimat syahadat, Ustadz Fauzi terlebih dahulu mendengarkan langsung penjelasan dari yang dituntun tersebut.

"Apakah sudah siap, dan apakah ini murni keinginan sendiri dan bukan paksaan dari pihak manapun?," ujar Ustadz Fauzi.

Usai mempertanyakan kesiapan, Ustad Fauzi juga menjelaskan kewajiban dan perintah ajaran islam yang harus dilaksanakan sebagai seorang muslim.

Pengucapan dua kalimat syahadat berawal dari Fitria Ningsih (38) warga Jalan Tanjung Harapan, Selatpanjang Kota. Wanita yang diketahui sempat murtat setelah menikah dengan orang Suku Dayak, Kalimantan yang beragama Kristen.

Kemudian, dilanjutkan oleh Hasina (16) warga Desa Sesap (Suku Akit), Sopan Ginting yang tukar nama menjadi Muhammad Sofwan (21) yang merupakan warga Jalan Mangun Pawiro Alai, Dion Singa (12) warga Desa Beting yang ditukar nama menjadi Muftahudin, dan Indah (10) yang ditukar nama menjadi Nurlaili juga merupakan warga Suku Akit, Desa Beting.

"Alhamdulillah, mudah-mudahan setelah resmi memeluk agama islam bisa mempelajari tentang islam lebih lanjut lagi, kemudian kita bisa sama-sama memberikan tunjuk ajar dan membimbing saudara kita ini untuk menuju jalan yang lebih baik," pesan Ustadz Fauzi usai menuntut kelima orang tersebut. ***