NANNING - Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung harus mengakui keunggulan Tai Tzu Ying dalam dua game langsung, 21-16, 21-14 di Kejuaraan Bulurangkis Beregu Campuran Piala Sudirman 2019. Dengan  hasil ini, kedudukan kini sama kuat 1-1 untuk Indonesia dan Taiwan. Poin kemenangan pertama direbut Indonesia lewat ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon atas Lee Yang/Wang Chi-Lin, dengan skor 21-17, 21-17.

Gregoria sempat mengimbangi permainan Tai di awal game. Di game kedua, Gregoria memimpin pada interval 11-10. Beberapa kesalahan sendiri di depan net membuat Gregoria membuang kesempatan. Pertahanan Gregoria pun seringkali dibobol oleh pemain rangking satu dunia tersebut.

"Saya kurang puas sama pertandingan tadi, sama penampilan saya. Saya bisa dibilang stabil di poin-poin awal saja, sampai poin 11, saya bisa mengikuti pola main dia dan curi kesempatan untuk mematikan lawan. Tapi di poin 11 keatas, kecepatan saya berkurang, seperti nggak bisa fokus terus-terusan, dua-tiga poin terus hilang," kata Gregoria setelah pertandingan.

"Tai pemain yang sabar, pukulannya bagus. Dia tipe pemain yang tidak langsung mematikan lawan tapi merusak posisi lawan. Mungkin saya kurang sabar waktu dia mengatur permainan, saya kurang bisa melewati," ujarnya.

Ads
"Melawan pemain nomor satu dunia, justru dari saya jadi motivasi, saya masih jauh di bawah dia. Tadi sih saya mikirnya mau ambil satu game dari dia. Dia punya pukulan atas yang halus, Tai juga punya variasi pukulan depan," ujar Gregoria. ***