BANDUNG - Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mohammad Ma'ruf meninggal dunia pada usia 74 tahun. Ma'ruf menjabat Mendagri pada Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid I.

Pria kelahiran Banjarnegara, 20 September 1942, itu menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Advent, Bandung, Jawa Barat, Jumat dinihari, 10 Maret 2017.

Ma'ruf dirawat karena penyakit stroke dan serangan jantung. ''Inallilahi wa innaillaihi rojiun'. Telah berpulang ke rahmatullah mantan Mendagri KIB I Bapak Maruf,'' ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melalui pesan singkat, Jumat (10/3/2017).

Tjahjo hadir dalam pemakaman Ma'ruf di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. ''Saya hadir di pemakaman,'' ujar Tjahjo.

Pemakaman dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono dikabarkan hadir.

Ma'ruf mengalami serangan jantung dan stroke sejak 2007. Dia beberapa kali berpindah rumah sakit untuk menjalani serangkaian perawatan.

Kala itu, tugas-tugasnya sebagai Menteri Dalam Negeri ditangani Widodo Adi Sutjipto, mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Widodo merangkap tugas sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya menunjuk Mardiyanto sebagai pengganti Ma'ruf.***