JAKARTA - Sikap tegas mencopot Setya Novanto (Setnov) dari jabatan Ketua Umum Golkar dan juga Ketua DPR RI harus cepat diambil Partai Golkar. Sebab, jika sikap tersebut tidak dilakukan akan berdampak signifikan terhadap perolehan suara pada Pemilu 2019 mendatang.

Penegasan tersebut disampaikan mantan kader Partai Golkar, Ki Sabdo Jagad Royo, menanggapi kabar yang berkembang terkait permintaan Setnov agar dirinya tetap tidak dicopot dari dua jabatan yang dipegangnya.

"Partai Golkar harus segera mencopot Setya Novanto. Ini demi masa depan partai karena tahun depan akan ada Pemilu. Jika sikap tegas untuk  segera mencopot Setya Novanto tidak dilakukan, saya yakin perolehan partai di Pemilu 2019 akan anjlok," ucap Ki Sabdo kepada GoNews.co, di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Menurutnya, pencopotan Setnov juga agar proses hukum dapat berjalan lancar terkait pengusutan kasus korupsi E-KTP.

"Kepastian hukum sangat diharapkan terhadap kasus korupsi E-KTP yang disangkakan, kepada Setnov," tandasnya.

Jika pengusutan kasus korupsi  E KTP kepada Setnov ini tidak berjalan kata dia, hal ini punya dampak lebih luas kepada masalah perekonomian di Indonesia.

"Investor asing akan berfikir lebih panjang untuk melakukan inventasi di Indonesia karena kepastian hukum sulit dipegang," tutur Ki Sabdo. ***