JAKARTA - Brimob dari Polda Lampung diturunkan dari Polda Metro Jaya ke DPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019) sekitar pukul 19.25 WIB.

Jumlah personel belum diketahui. Mereka membawa tameng, tongkat, serta mengenakan helm dan body protector. Terpantau ada satu barakuda, satu water cannon, dan pasukan bermotor bergerak.

Sebagian personel Brimob menutup jalan Tol Dalam Kota dari arah Semanggi menuju ke Senayan. Jelang magrib tadi, Brimob sempat berhadapan dengan mahasiswa.

Mereka menghalangi mahasiswa yang hendak maju lagi ke DPR setelah dipukul mundur di sekitar simpang Slipi. Mereka melengkapi diri dengan tameng. Saat itu tidak terjadi bentrok. Massa hanya menyanyikan lagu Indonesia raya. Selain Brimob, terpantau pula TNI baret hijau, diduga membantu pengamanan. Mereka membawa senapan laras panjang, berjalan menelusuri Tol Dalam Kota yang telah ditutup.

Polisi Pukul Mundur Mahasiswa

Polisi memukul mundur kerumunan mahasiswa yang masih berkumpul di dekat pintu belakang Gedung DPR, Jalan Lapangan Tembak, Jakarta Pusat, Selasa (24/9) malam. Mereka sejak siang tadi berunjuk rasa menolak RKUHP dan sejumlah RUU lainnya.

Polisi memukul mundur dengan menembakkan meriam air dan melepaskan gas air mata ke kerumunan massa.

Awalnya polisi hanya menembakkan meriam air ke arah massa untuk memukul mundur. Namun tembakan water canon itu tak membuat mahasiswa mundur. Mereka tetap bernyanyi-nyanyi saat disemprot air.

Melihat itu, polisi kemudian melontarkan beberapa kali gas air mata ke arah demonstran. Gas air mata membuat massa kocar kacir. Namun masih ada beberapa yang tetap bertahan.

Aparat kepolisian kemudian menyiapkan tim motor cepat lengkap dengan senapan gas air mata. Tak berapa lama, tim unit motor cepat ini bergerak keluar untuk membubarkan massa.

Diketahui massa sempat merobohkan gerbang pintu belakang Gedung DPR sekitar pukul 18.30 WIB tadi. Mereka juga merusak sejumlah fasilitas seperti pos pemeriksaan pengamanan dalam (pamdal).

Hingga kini situasi di belakang Gedung DPR ini belum kondusif. Pun demikian di depan Gedung DPR, Jalan Gatot Subroto.***