PEKANBARU - Dampak dari kabut asap yang melanda Provinsi Riau, salah satunya adalah menurunnya kondisi kesehatan warga.

Untuk itu, PT PLN (Persero) UIW Riau dan Kepri melalui Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN UIW Riau dan Kepri memberangkatkan Tim Relawan Medis menuju desa-desa terdampak asap.

Tim Medis ini akan membawa ambulance dan mengunjungi desa untuk pemeriksaan kesehatan gratis. Selain itu juga membawa bantuan peralatan kesehatan seperti satu buah mobil ambulance, tabung oksigen, masker, obat-obatan, dan nebulizer.

Direktur Bisnis Regional Sumatera, Wiluyo Kusdwiharto, saat seremonial Pelepasan Relawan mengharapkan tim medis ini dapat membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan di tengah dampak asap yang terjadi.

“Melihat kondisi ini, YBM PLN mengirimkan relawan sebagai tim medis yang ahli dalam bidang kesehatan untuk terjun langsung ke daerah-daerah yang dekat dengan titik api. Diharapkan fasilitas yang dibawa mampu dimaksimalkan untuk menolong masyarakat,” ujar Wiluyo di Pekanbaru, Selasa (24/9/2019).

Lokasi bantuan dipusatkan di desa yang dekat dengan titik api yaitu di Desa Keranji Timur, Kecamatan Bandar Petalangan.

Sebelumnya, YBM PLN UIW Riau dan Kepri pada tanggal 1 dan 2 September telah mengirimkan bantuan berupa obat-obatan di Desa Kerumutan, Kabupaten Pelalawan.

Di hari yang sama PLN bersama Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Pekanbaru pun membuka Posko Kesehatan Gratis untuk Masyarakat Terdampak Asap.

Di dalam posko ini dilengkapi dengan berbagai peralatan, seperti oksigen, obat-obatan, vitamin, serta beberapa alat cek kesehatan. ***