PEKANBARU - Bertajuk memperebutkan Piala Gubernur Riau menuju Putaran Nasional Piala Menpora 2016, Liga Pelajar U16 segera digelar di Provinsi Riau. Kepastian waktunya akan ditentukan pada saat Workshop Koordinator Provinsi, Maret 2017.

''Saat ini, selaku Koordinator Provinsi kami udah mengantongi rekomendari Asprov PSSI Riau dan persetujuan Dispora Riau untuk menyiapkan Piala Gubernur,'' kata Yuki Chandra Koordinator Liga pelajar U16 Provinsi Riau, Jumat (10/3/2017).

Kompetisi ini akan dilaksanakan secara berjenjang,mulai dari tingkat kabupaten / kota yang diikuti oleh sekolah dan akademi sepakbola, klub, tim bentukan sekolah formal dan non formal, serta tim bentukan desa atau kelurahan.

''Kami merencanakan akan menggelar Seri Kabupaten/Kota pada bulan April ini, Juara dan runner up berhak mewakili daerahnya untuk mengikuti putaran Provinsi yang akan digelar Juli 2017,'' kata Yuki.

Adapun usia pemain yang bisa didaftarkan adalah kelahiran 1 Januari 2002 - 31 Desember 2003. Maksimal 22 pemain untuk setiap timnya.

''Namun regulasi mengizinkan setiap tim mendaftarkan maksimal lima pemain kelahiran 1 Juli - 31 Desember 2001. Tapi hanya tiga pemain yang diperkenankan masuk line up,'' tambahnya.

Koordinator Provinsi saat ini masih mempersiapkan panitia pelaksana provinsi dan daerah, namun demikian calon peserta sudah bisa mengkonfirmasi keikutsertaannya di Askab/Askot PSSI masing-masing.

''Saat ini ada institusi yang berminat untuk menggelar even ini, namun sejauh ini kami masih menunggu keseriusannya. Jika sampai Sabtu ini tak ada perkembangan, mungkin akan kami serahkan kepada pihak lain,'' ujar Yuki. ***